Breaking News:

TIPS KESEHATAN

Air Kelapa Benar Mampu Tangkal Covid-19? Berikut Pemaparan Ahli Penyakit Dalam

Menurut dokter spesialis penyakit dalam dr Decsa Medika Hertanto,Sp.PD, air kelapa sebagai terapi penyembuhan Covid-19 belum teruji klinis.

Editor: Filemon Halawa
ist
Air Kelapa Benar Mampu Tangkal Covid-19? Ini Pemaparan Ahli Penyakit Dalam. Foto ilustrasi kelapa 

TRIBUNBATAM.id - Bagi sebagian banyak orang pernah mendengar air kelapa dijadikan sebagai terapi penyembuhan pasien Covid-19.

Kabar itu biasa kita dengar dari testimoni dan opini beberapa pihak yang tersebar di media sosial serta grup WhatsApp.

Padahal, klaim penyembuhan baru bisa dikatakan sah, apabila telah melalui uji klinis.

Menurut dokter spesialis penyakit dalam dr Decsa Medika Hertanto,Sp.PD, air kelapa sebagai terapi penyembuhan Covid-19 belum teruji klinis.

Padahal, uji klinis penting dilakukan karena bisa menjadi dasar soal efek samping dan kecocokan dengan populasi tertentu.

Baca juga: Air Kelapa Muda Dapat Menurunkan Tekanan Darah pada Penderita Hipertensi

"Kita harus melakukan uji klinis terlebih dahulu dan penelitian dengan tiga tahapan. Dari situ bisa dilihat aktivitasnya gimana, efek sampingnya gimana, cocokkah dengan populasi tertentu, cocokkah dengan populasi khusus? Itu harus diketahui sehingga kita bisa merekomendasikan sesuatu," kata dr Decsa Medika Hertanto dalam program Ngopi KompasTV, dikutip Jumat (16/7/2021).

Menurut dr Decsa, air kelapa memang punya banyak manfaat karena kandungan zat baik yang mirip dengan komposisi cairan tubuh.

Salah satu pemanfaatan yang biasa dilakukan, yaitu untuk mengobati dehidrasi.

"Misalnya kalau dulu banyak orang di pantai dehidrasi lalu minum air kelapa, ya dehidrasinya ilang. Atau kondisinya lagi haus parah, karena kepanasan atau terlalu banyak berjemur, minum air kelapa status dehidrasinya berkurang dan membaik," jelasnya.

Namun, jika air kelapa kemudian diklaim sebagai terapi Covid-19 hanya karena testimoni, dr Decsa menilai itu berlebihan.

Baca juga: Air Kelapa Ternyata Mampu Membuat Wajah Kinclong, Cek Faktanya

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved