Breaking News:

HUMAN INTEREST

Cerita ABK KM Bukit Raya dan Penumpangnya Rayakan Idul Adha 1442 H di Atas Kapal

Sholat Idul Adha biasanya dilaksanakan di masjid atau lapangan terbuka. Namun bagi ABK KM Bukit Raya, mereka sudah biasa sholat Id di atas kapal.

Penulis: Muhammad ilham | Editor: Dewi Haryati
Tribunbatam.id/Muhammad Ilham
ABK dan penumpang kapal melaksanakan sholat Idul Adha di atas kapal di Musholla Babushalam KM Bukit Raya, Selasa (20/7/2021). Jemaah khusyuk mendengar khotbah yang disampaikan Khotib 

KEPRI, TRIBUNBATAM.id - Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah jatuh pada Selasa (20/7/2021). Ternyata di balik hari besar umat Islam ini terdapat sebuah cerita menarik.

Biasanya umat Islam akan melaksanakan sholat Idul Adha di masjid atau lapangan terbuka, namun tidak dengan mereka yang sedang melakukan perjalanan.

Beberapa di antara mereka shalat di kendaraan yang mereka tumpangi.

Seperti yang dialami oleh Rohman (30). Ia merupakan seorang perantau asal Kudus yang merantau di Natuna. Kemudian ia sedang melakukan perjalanan ke Batam menggunakan kapal motor (KM) Bukit Raya.

Saat ditanyakan terkait lebaran di atas kapal, Rohman menjelaskan bahwa ini merupakan kali pertama baginya berlebaran di dalam perjalanan.

Baca juga: Idul Adha 1442 H di Anambas, Masjid Jami Baiturrahim Terima 17 Ekor Hewan Kurban

Baca juga: Camat dan Kapolsek di Bintan Ini Keliling Masjid saat Idul Adha 1442 H, Ada Apa?

"Ini pengalaman pertama bagi saya. Meskipun sedang diperjalanan, Alhamdulillah masih bisa melakukan sholat Idul Adha bersama para penumpang dan kru kapal," ujarnya kepada Tribunbatam.id, di atas KM Bukit Raya, Selasa (20/7/2021).

Dengan pengalaman pertamanya itu, Rohman tampak sedikit kecewa karena tidak bisa merasakan momen Idul Adha bersama keluarganya.

Berbeda halnya yang dirasakan oleh Nasrudin (33), seorang Anak Buah Kapal (ABK) KM Bukit Raya. Ia mengaku lebaran di atas kapal bukanlah hal yang baru baginya.

"Kalau saya sudah biasa lebaran di atas kapal. Kalau ditanya rasanya, biasa saja, kan sudah sering. Kecuali di awal-awal, tentu rasanya sedikit berbeda.

Biasanya kita sama keluarga melaksanakan sholat di masjid nah sekarang kita malah terpisah dari keluarga karena harus mencari nafkah," ujarnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved