Breaking News:

LINGGA TERKINI

Bupati Lingga Muhammad Nizar Dukung Bisnis Sengon Solomon Kingtony

Pemerintah Kabupaten Lingga akan mendukung ide dan semangat Kingtony untuk mengembangkan bisnis sengon solomon di Singkep Selatan

Penulis: Febriyuanda | Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/istimewa
Bupati Lingga, Muhammad Nizar mengunjungi kebun sengon solomon di Singkep Selatan, Kabupaten Lingga, Senin (19/7/2021) 

LINGGA, TRIBUNBATAM.id - Bupati Lingga Muhamad Nizar bersama Ketua DPRD Lingga, Ahmad Nasiruddin didampingi Kadis PU berserta Kasubag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Prokompim Humas Lingga berkunjung ke Singkep Selatan, Lingga.

Kali ini Muhammad Nizar melakukan kunjungan dan peninjauan ke kebun sengon solomon Kingtony di Tanah Putih, Kecamatan Singkep Selatan, Senin (19/7/2021).

Kedatangan Muhamad Nizar dan rombongan disambut baik pemilik kebun, Kingtony.

Kingtony menyajikan buah-buahan lantas menjelaskan proses penanaman sengon solomon hingga proses panennya.

"Sengon ini tanaman kayu dan tingginya bisa mencapai 30 sampai 45 meter. Sengon ini memiliki nama ilmiah Albizia chinensis," papar Kingtony.

Baca juga: Jelang Idul Adha 1442 H, Pedagang Kelapa Parut di Lingga Dulang Rupiah

Baca juga: Sekda Lingga Bagikan Sembako ke Warga yang Ikut Vaksinasi Covid-19 di Pancur

Ia mengatakan, tanaman sengon ini mengandung konsentrat tinggi saponin, folifenol dan triterpenoid. Ketiganya bermanfaat buat kesehatan manusia. Di India contohnya, pohon sengon ini kerap dijadikan bagian dari perawatan ayurvedic.

"Tanaman sengon solomon juga bisa tumbuh di berbagai kondisi iklim mulai dari '0-1800 MDPL, sehingga banyak memberi peluang untuk bertanam sengon solomon ini bisa dijadikan bisnis," lanjutnya.

Seusai membahas tanaman sengon solomon dari proses awal penanaman hingga proses panen, pemilik kebun mengajak Bupati, Ketua DPRD, dan rombongan untuk melihat sekeliling kebunnya.

Di situ terdapat bibit-bibit yang sudah tertanam dan siap untuk dilakukan penyemaian.

Nizar juga diajak Kingtony untuk melihat peternakan kambing, ayam, angsa di sekitaran kebun. Kotoran dari ternak itu bisa digunakan untuk pupuk kandang, bisa untuk pupuk tanaman sengon solomon dan bisa juga dipakai sebagai pupuk tanaman yang lainmya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved