Breaking News:

CORONA KEPRI

ATURAN BARU ! Tak Akan Ada Lagi Isolasi Mandiri di Batam, Pasien Tanpa Gejala Wajib Karantina

Pemko Batam akan menyiapkan tempat khusus untuk pasien terkonfirmasi positif Covid-19 yang selama ini masih menjalani isolasi mandiri di rumah.

Penulis: Roma Uly Sianturi | Editor: Tri Indaryani
TRIBUNBATAM.id/ROMA ULY SIANTURI
WaliKota Batam memimpin rakor bersama Forkompimda dan OPD, Rabu (21/7/2021) di Dataran Engku Puteri Batam. 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Pemerintah Kota (Pemko) Batam akan menyiapkan tempat khusus untuk pasien terkonfirmasi positif Covid-19 yang selama ini masih menjalani isolasi mandiri di rumah.

Artinya, tak akan lagi pasien yang menjalani isolasi mandiri di rumahnya. 

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi telah meminta Sekretaris Daerah (Sekda) dan juga Badan Pengusahaan (BP) Batam, menyediakan lokasi khusus atau Rumah Susun (Rusun) agar para pasien Isoman dapat menjalani karantina selama seminggu.

"Penanganannya akan sama dengan pasien OTG. Mereka dijemput dan akan dikarantina. Sebagian di Asrama Haji, sebagian lagi di lokasi baru yang akan disediakan nanti," ujar Rudi, Kamis (22/7/2021).

Sementara itu, perihal pelaksanaan teknis, Rudi mengatakan hal tersebut merupakan kewenangan dari Asisten I Bidang Pemerintahan Pemko Batam

"Teknisnya nanti tanya dulu ke Yusfa, mengenai pelaksanaan dan berapa total pasien Isoman saat ini," ungkapnya.

Menurutnya, dengan pemisahan pasien Isoman ini dapat mengendalikan penyebaran.

Baca juga: ANAK Positif Covid-19 Tetap Main di Luar Rumah, Warga Mangsang Minta Pengawasan Isoman Diperketat

"Jadi kami akan asingkan dulu mereka ini dari keluarganya. Tujuannya baik, agar tidak menjadi carrier bagi keluarganya yang ada di rumah. Dalam waktu dekat ini akan segera kami laksanakan. Pak Yusfa nanti yang akomodir semua ini. Kami berharap dengan langkah yang diambil ini bisa membuat kasus turun dan memutus mata rantai penyebaran," bebernya.

Ia melanjutkan persoalan lain adalah biaya makan pasien selama di karantina, Pemko Batam tengah mencari jalan keluar, agar akomodasi mereka dapat dipenuhi selama menjalani isolasi mandiri. 

”Ini lagi kami upayakan. Uang dari mana lagi yang harus kami ambil agar bisa menutupi kebutuhan pasien isoman yang akan dijemput nanti," imbuhnya.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved