Breaking News:

LINGGA TERKINI

Dinas Pertanian Lingga Panen Cabai Rawit Lagi, Terapkan Metode Demplot

Kabid Dinas Pertanian Lingga, Hernowo menyebut dari beberapa kali panen cabai rawit, hasilnya kini sudah mencapai 170 kilogram cabai rawit

Penulis: Febriyuanda | Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/istimewa
Dinas Pertanian Lingga panen cabai rawit di Desa Lanjut, Kecamatan Singkep Pesisir, Kabupaten Lingga, Senin (2/8/2021) 

LINGGA, TRIBUNBATAM.id - Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Lingga kembali panen cabai untuk yang ke sekian kalinya.

"Alhamdulillah, setelah beberapa kali panen cabai rawit, hasilnya sudah mencapai lebih kurang 170 kilogram," kata Kabid Dinas Pertanian Lingga, Hernowo, Senin (2/8/2021).

Hal tersebut ia sampaikan seusai melakukan panen bersama para pendamping sawah, penyuluh dan Petugas Organisme Pengganggu Tanaman atau POPT dari DPKP Lingga di lahan demplot sawah Desa Lanjut, Kecamatan Singkep Pesisir.

Untuk diketahui, demplot atau demontration plot merupakan metode penyuluhan pertanian yang ditujukan kepada petani dengan cara membuat lahan percontohan.

Hal itu dengan maksud, agar para petani bisa melihat dan membuktikan terhadap objek yang didemontrasikan.

Baca juga: Ibu-ibu PKK Lingga Antusias Ikut Panen Cabai Rawit

Seorang petugas sedang memetik cabai rawit. Dinas Pertanian Lingga panen cabai rawit di Desa Lanjut, Kecamatan Singkep Pesisir, Kabupaten Lingga, Senin (2/8/2021)
Seorang petugas sedang memetik cabai rawit. Dinas Pertanian Lingga panen cabai rawit di Desa Lanjut, Kecamatan Singkep Pesisir, Kabupaten Lingga, Senin (2/8/2021) (tribunbatam.id/istimewa)

Hernowo menjelaskan, metode ini diambil sebagai solusi bagi para petani di masa pandemi, melihat hasil yang menjanjikan dari penanaman cabai tersebut bisa membantu mereka dari segi ekonomis, serta menjadi nilai tambah perekonomian bagi masyarakat.

Dengan menggunakan metode demplot tersebut, ia berharap agar petani bisa menerapkan inovasi teknologi budidaya, Varietas Unggul Baru (VUB), pemupukan dan lain-lain, yang disesuaikan dengan demografi wilayah tersebut.

"Untuk hasil panen cabai hari ini penjualannya kita pasarkan di wilayah Dabo. Untuk mengatasi perekonomian di masa pandemi yang sedang terjadi tanaman cabai sangat menjanjikan," ucap Hernowo.

(TribunBatam.id/Febriyuanda)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Berita tentang Lingga

Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved