Breaking News:

Simak 4 Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Membuatnya Kembali Naik

Tidak pernah ada kata 'mudah' dalam proses menurunkan berat badan. Karena itu, ketika jarum di timbangan bergeser ke kiri, Anda tentu merasa ...

Editor: Lia Sisvita Dinatri
cnn.com
Ilustrasi menimbang berat badan 

TRIBUNBATAM.id - Tidak pernah ada kata 'mudah' dalam proses menurunkan berat badan

Karena itu, ketika jarum di timbangan bergeser ke kiri, Anda tentu merasa senang dan puas karena  usaha keras serta pengorbanan yang telah dilakukan menunjukkan hasil. 

Namun sayangnya, tak butuh waktu lama, berat badan kembali merayap naik ke angka semula, bahkan lebih banyak. 

Sebelum Anda menyalahkan diri sendiri, ahli endokrinologi dan spesialis obesitas, Marcio Griebeler, MD, dari Cleveland Clinic mengatakan, bahwa hal itu kemungkinan bukan salah Anda. 

"Kembalinya berat badan Anda, itu karena tubuh Anda berjuang untuk menjaga berat badan Anda seperti sebelum diet," katanya. 

Para ahli berpikir, mengapa sebanyak 80 hingga 95% pelaku diet mendapatkan kembali berat badan yang telah mereka upayakan dengan susah payah untuk diturunkan. 

Dr. Griebeler mengatakan, pelakunya adalah "titik setel berat badan" - berat badan yang diprogram oleh tubuh Anda.

Titik setel berat badan ini adalah kombinasi dari beberapa faktor, termasuk genetika, hormone, perilaku, dan lingkungan. 

Titik setel berat badan dan metabolisme adalah rekan satu tim, di mana metabolisme tubuh Anda akan membakar energi pada tingkat yang akan mempertahankan titik setel berat badan, bahkan jika titik setel itu berada di angka yang tidak sehat.  

"Umumnya, penambahan berat badan terjadi secara bertahap, dan itu akan meningkatkan titik setel Anda secara bertahap juga. 

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved