Breaking News:

CORONA KEPRI

Tenaga Kesehatan di Batam tak Boleh Divaksin Dosis 3 Bersamaan, Ini Alasannya

Walikota Batam, HM Rudi minta agar vaksinasi covid-19 dosis 3 menggunakan vaksin merek moderna yang untuk tenaga medis dilakukan secara bergiliran.

Penulis: Roma Uly Sianturi | Editor: Tri Indaryani
TRIBUNBATAM.id/ROMA ULY SIANTURI
Walikota Batam, HM Rudi minta agar vaksinasi covid-19 dosis 3 menggunakan vaksin merek moderna yang untuk tenaga medis dilakukan secara bergiliran. 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - WaliKota Batam, Muhammad Rudi meminta Kepala Dinas Kesehatan agar vaksinasi covid-19 dosis 3 menggunakan vaksin merek moderna yang untuk tenaga medis dilakukan secara bergiliran dan tidak bersamaan.

"Setiap tenaga medis di rumah sakit yang mau divaksin kalau boleh sepertiga-sepertiga saja. Sepertiga tiga hari, sudah aman baru masuk sepertiga lagi," tuturnya.

Rudi mengkhawatirkan apabila seluruh nakes divaksin dalam sehari, akan mengganggu pelayanan operasional dirumah sakit.

Seperti diketahui, vaksinasi Covid-19 dosis ketiga booster bagi tenaga kesehatan telah dimulai, Senin (9/8/2021).

Program ini diawali dengan acara Pencanangan Vaksinasi Dosis Ketiga bagi Tenaga Kesehatan se-Kepri, yang digelar di rumah sakit (RS) Hj Bunda Halimah Batam.

Pada kesempatan ini, turut hadir Gubernur Kepri, Ansar Ahmad, yang menyaksikan penyuntikan perdana vaksin ketiga Moderna. Penyuntikan pertama diberikan kepada Direktur RS Hj. Bunda Halimah, dr Ibrahim.

Selanjutnya, pemberian vaksin dosis ketiga pun dibagikan kepada 76 tenaga kesehatan di rumah sakit tersebut di hari yang sama.

Gubernur Kepri, Ansar Ahmad mengatakan, pemberian vaksin dosis ketiga ini mempertimbangkan masih banyaknya nakes yang terpapar Covid-19 kendati telah memperoleh vaksinasi dosis kedua.

Baca juga: Parkir Liar Marak di Sungai Panas dan Bengkong, Warga Minta Pemerintah Bertindak Tegas

"Selain itu, penyebaran Covid-19 juga masih meluas di seluruh provinsi, maka dari itu diperlukan intervensi vaksinasi dosis ketiga bagi para SDM kesehatan yang berhadapan dengan risiko tinggi terpapar Covid-19," ujar Ansar dalam sambutannya.

Vaksinasi dosis ketiga bagi nakes ini juga telah diatur dalam Surat Edaran (SE) Kemenkes Nomor HK 02.01/11919/2021 tentang vaksinasi dosis ketiga bagi seluruh tenaga kesehatan, asisten tenaga kesehatan dan tenaga penunjang yang bekerja di fasilitas pelayanan kesehatan.

"Seluruh tenaga kesehatan, baik yang bekerja di rumah sakit pemerintah maupun rumah sakit swasta berhak mendapatkan vaksin booster ini," ujar Ansar.

Adapun vaksin dosis ketiga Moderna untuk nakes sudah didistribusikan ke beberapa rumah sakit di kabupaten/kota se-Kepri, dengan rincian alokasi sebagai berikut:

Pada tanggal 6 Agustus 2021, Kota Tanjungpinang menerima 80 vial dengan sasaran 1.120 nakes; Kabupaten Bintan menerima 46 vial dengan sasaran 644 nakes; Kabupaten Lingga menerima 61 vial dengan sasaran 854 nakes; Kabupaten Natuna menerima 70 vial dengan sasaran 980 nakes; Kabupaten Anambas menerima 47 vial dengan sasaran 658 nakes.

Kemudian pada tanggal 7 Agustus 2021, Kota Batam menerima 410 vial dengan sasaran 5.740 nakes; dan Kabupaten Karimun menerima 109 vial dengan sasaran 1.560 nakes.

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved