Breaking News:

KKP Salurkan Bantuan Alat Selam bagi Kelompok Masyarakat Penggerak Konservasi Anambas

Bantuan alat selam dari KKP itu diserahkan Kawasan konservasi perairan, Loka Kawasan Konservasi Perairan Nasional Pekanbaru kepada warga Anambas

Penulis: Rahma Tika | Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/istimewa
KKP melalui Kawasan konservasi perairan, Loka Kawasan Konservasi Perairan Nasional (LKKPN) Pekanbaru serahkan bantuan peralatan selam kepada kelompok masyarakat penggerak konservasi (KOMPAK) taman wisata perairan Kepulauan Anambas sebesar Rp 99,8 juta. 

ANAMBAS, TRIBUNBATAM.id - Kelompok Masyarakat Penggerak Konservasi (KOMPAK) Taman Wisata Perairan (TWP) Kepulauan Anambas mendapat bantuan peralatan selam senilai Rp 99,8 juta.

Bantuan itu diserahkan Kawasan konservasi perairan, Loka Kawasan Konservasi Perairan Nasional (LKKPN) Pekanbaru.

Sekadar informasi, kawasan konservasi perairan Taman Wisata Perairan (TWP) Kepulauan Anambas merupakan kawasan konservasi perairan terluas kedua di Indonesia.

Tempat ini dianugerahi berbagai macam keanekaragaman hayati laut melimpah, pantai dengan pasir putih yang menakjubkan serta gugusan pulau kecil dengan gradiasi biru perairan yang indah.

Baca juga: Pasien Covid-19 Kurang Mampu dan Ahli Waris Pasien Corona di Anambas Dapat Bantuan

Baca juga: Info CPNS - Wabup Anambas Buka Latihan Dasar CPNS Formasi 2019

Untuk pengelolaan TWP Kepulauan Anambas diperlukan peran aktif kelompok masyarakat.

Itu demi menjaga kelestarian sumber daya di dalamnya. Mendukung hal tersebut, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Loka Kawasan Konservasi Perairan Nasional (LKKPN) Pekanbaru memberikan bantuan kepada KOMPAK di TWP.

"Diharapkan bantuan peralatan selam ini bisa menjadi penunjang kegiatan wisata dan pelestarian lingkungan, serta dapat mengoptimalkan pemanfaatan guna menunjang kegiatan kelompok dalam mendukung upaya pengelolaan kawasan konservasi perairan TWP Kepulauan Anambas," ucap Direktur Konservasi dan Keanekaragaman Hayati Laut, Andi Rusnandi secara virtual, Selasa (24/8/2021).

Sebanyak 15 kelompok masyarakat di Kepulauan Anambas dalam kurun tahun 2017 hingga 2021 mendapat bantuan dengan anggaran Rp 1,5 miliar. Bantuan terakhir di tahun 2021 diberikan untuk kelompok Kepiting Laut.

Andi menegaskan, pentingnya peran masyarakat dan keterlibatan masyarakat dalam menumbuhkan kesadaran diri dan mencegah perilaku manusia yang bersifat merusak ekosistem dan sumberdaya laut yang ada.

Sementara itu, Wakil Bupati Kepulauan Anambas, Wan Zuhendra sangat bersyukur bahwa masyarakat Kepulauan Anambas kembali mendapatkan bantuan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved