Breaking News:

Warga Tanjung Pinang, Ada Car Free Day di Kawasan Dompak saat Akhir Pekan

Car Free Day (CFD) di kawasan Dompak serta diberlakukan oleh Pemprov Kepri bersifat ujicoba. Tak menutup kemungkinan bakal meluas ke kawasan lain.

Penulis: Thom Limahekin | Editor: Septyan Mulia Rohman
TribunBatam.id/Istimewa
Gubernur Kepri, H. Ansar Ahmad membuka Car Free Day (CFD) di Kawasan Pulau Dompak, Kota Tanjungpinang, Sabtu (28/8/2021) pagi. 

TANJUNGPINANG, TRIBUNBATAM.id - Pemberlakuan Car Free Day (CFD) di sekitar kawasan Dompak, Tanjungpinang mulai berlaku hari ini, Sabtu (28/8).

Rencananya Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau atau Pemprov Kepri akan memberlakukan Car Free Day (CFD) di Dompak itu setiap akhir pekan, tepatnya pada Sabtu dan Minggu mulai pukul 06.00 hingga pukul 09.00 WIB.

Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad mengatakan hari libur akhir pekan adalah waktu yang tepat untuk melepaskan penat bersama keluarga atau teman-teman.

Kawasan Dompak sejauh ini merupakan tempat yang favorit bagi masyarakat untuk berolahraga, jalan-jalan menikmati segarnya udara pagi serta sarana berkumpul dari berbagai komunitas masyarakat.

"Untuk itu demi kenyamanan bersama, tiap Sabtu dan Minggu untuk kawasan Dompak kita tetapkan area Car Free Day (CFD) dari pukul 06.00 sampai 09.00 pagi," kata Ansar Ahmad.

Menurut Ansar, penetapan car free day di Dompak sifatnya masih uji coba.

Jika respon masyarakat bagus, tidak menutup kemungkinan bisa diuji coba untuk kawasan lainnya, seperti kawasan Tepi Laut misalnya.

"Tiga jam tanpa mesin kendaraan itu juga salah satu upaya membantu menjaga bagaimana agar udara tetap sehat.
Polusi terkurangi dan juga salah satu upaya mengeliminasi carbon," jelasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan Kepri/ Kadishub Kepri Junaidi Sarpan ketika ditemui di pintu masuk Jembatan Dompak menjelaskan, sesuai arahan Gubernur Kepri pihaknya mulai melakukan operasi penertiban bagi kendaraan yang mau masuk ke Dompak mulai pukul 06.00 pagi.

"Demi suksesnya uji coba car free day, mulai hari ini tiap Sabtu dan Minggu tidak boleh kendaraan bermesin melintas ke Dompak.

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved