Breaking News:

22 Tahun Berdiri, Kabupaten di Kepri Ini Tak Punya Rutan: Semoga Ada Lapas Khusus

Kejari Natuna dan DPRD Natuna berharap pembangunan Lapas di Natuna segera terwujud. Selama ini tahanan masih dikirim ke Tanjungpinang

Penulis: Kontributor Natuna | Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/Wina
22 Tahun Berdiri, Kabupaten di Kepri Ini Tak Punya Rutan: Semoga Ada Lapas Khusus. Foto Kajari Natuna Imam Sidabutar (kanan) bersama Kasi Pidana Umum Kejari Natuna, Rezi Dharmawan 

Laporan Kontributor Tribun Batam di Natuna, Wina

NATUNA, TRIBUNBATAM.id - Kabupaten Natuna, Provinsi Kepri masih belum memiliki Rumah Tahanan Negara (Rutan) atau Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) sendiri.

Diketahui Natuna sudah berdiri sebagai kabupaten di Kepri sejak 1999 lalu atau kini usianya sudah 22 tahun.

Namun hingga kini, tahanan Kejaksaan Negeri Natuna yang telah mendapatkan ketetapan hukum dari Pengadilan Negeri Ranai, selalu dikirim ke Rutan Klas IIA Tanjungpinang atau Lapas Tanjungpinang, untuk menjalani masa tahanan.

Jauhnya jarak Natuna dan Tanjungpinang kadang menjadi kendala dalam pengiriman tahanan.

Mengingat terbatasnya sarana transportasi dari Natuna. Terlebih lagi anggaran untuk mengirimkan tahanan tersebut tidaklah sedikit.

Karena saat mengirimkan tahanan, juga turut serta petugas pengawal baik dari Kepolisian maupun Kejaksaan.

Pengiriman tahanan Kejari Natuna menggunakan KMP Bahtera Nusantara 01 di Pelabuhan Penagi, Selasa (7/9/2021).
Pengiriman tahanan Kejari Natuna menggunakan KMP Bahtera Nusantara 01 di Pelabuhan Penagi, Selasa (7/9/2021). (tribunbatam.id/Wina)

“Jaraknya ke Tanjungpinang terlalu jauh. Naik kapal saja sampai 2 hari 3 malam, memakan waktu yang tidak sebentar,” ujar Kepala Kejaksaan Negeri Natuna, Imam Sidabutar di Ranai, Rabu (8/9/2021).

Apalagi saat ini sedang dalam masa pandemi Covid-19. Kejari Natuna cukup riskan untuk mengirimkan tahanan keluar daerah, karena khawatir terpapar Covid-19.

“Terlalu riskan bagi kami untuk mengirimkan tahanan ke Tanjungpinang di masa pandemi, tapi karena di Natuna belum ada Rutan, ya terpaksa kita kirim juga ke Tanjungpinang,” tambah Kajari.

Kejari Natuna tengah berupaya untuk pembentukan Lapas di Natuna.

Tujuannya agar para tahanan yang telah mendapatkan ketetapan hukum dapat menjalani hukuman di Natuna tanpa perlu dikirim ke Tanjungpinang.

“Kita sudah mengupayakan koordinasi dengan Polres Natuna dan juga kanwil Hukum dan HAM Kepri, agar ada Lapas Khusus di Natuna. Semoga tercapai dan cepat teralisasi,” ungkap Imam Sidabutar.

Keinginan agar Natuna memiliki Lapas Khusus sebenarnya telah mendapat respons dari Kanwil Kum dan HAM Kepri.

Kakanwil Kum dan HAM Kepri Husni Thamrin saat melakukan kunjungan kerja ke Natuna pada April 2021 lalu mengatakan, sedianya proses pembangunan Lapas di Natuna itu hampir masuk pada tahap lelang kegiatan, namun tertunda karena adanya pandemi Covid-19.

Halaman
123
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved