Breaking News:

CORONA KEPRI

Bandara Hang Nadim Batam Mulai Pakai Aplikasi PeduliLindungi, Banyak Warga Masih Bingung

Bandara Hang Nadim Batam sudah mulai menerapkan aplikasi PeduliLindungi untuk validasi berkas syarat keberangkatan para penumpang.

Penulis: Hening Sekar Utami | Editor: Tri Indaryani
TRIBUNBATAM.id/Hening Sekar Utami
Beberapa calon penumpang pesawat mengikuti proses validasi dokumen kesehatan di meja pintu keberangkatan Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Minggu (12/9/2021). 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Penggunaan aplikasi PeduliLindungi untuk validasi berkas syarat keberangkatan telah diberlakukan di Bandara Internasional Hang Nadim Batam.

Koordinator Wilayah Kerja Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Batam, Dr. Putra, mengatakan, aplikasi PeduliLindungi dapat menjadi opsi bagi calon penumpang untuk melakukan validasi tanpa harus membawa surat fisik.

"Di Bandara Hang Nadim, validasi dengan aplikasi PeduliLindungi itu sebenarnya sudah berjalan. Tapi sosialisasi penggunaannya ke masyarakat masih belum masif, jadi masyarakat masih banyak yang belum tahu tentang aplikasi ini," ujar dr Putra ketika diwawancarai di Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Minggu (12/9/2021).

Kemunculan aplikasi PeduliLindungi adalah salah satu bentuk digitalisasi dalam rangka memudahkan proses pemenuhan syarat perjalanan dan monitoring pergerakan orang.

Di dalam aplikasi ini tercantum identitas, riwayat vaksinasi, riwayat perjalanan, hingga hasil pemeriksaan Antigen atau PCR test yang sudah dilakukan.

Petugas KKP di bandara langsung dapat memperoleh informasi tersebut secara otomatis.

"Jadi sekarang tidak menggunakan kertas lagi, melainkan semua dirangkum dalam satu bentuk aplikasi yaitu PeduliLindungi," jelas dr. Putra.

Menurut Putra, selama ini masyarakat masih bingung dan belum mengenal aplikasi PeduliLindungi.

Baca juga: BATAM Bakal Miliki Sirkuit Bertaraf Internasional untuk Balap F1 dan MotoGP di Nongsa

Hal ini dilihat dari masih banyaknya calon penumpang bandara yang membawa berkas-berkas fisiknya untuk melakukan check ini atau validasi di pintu keberangkatan.

Prosedur validasi syarat perjalanan di Bandara Hang Nadim masih sama, hanya saja, dengan digitalisasi, proses dapat dilakukan dengan cepat dan paperless.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved