Breaking News:

KARIMUN TERKINI

KARIMUN Bakal Miliki Lumbung Pangan Masyarakat, Jaga Pasokan dan Stabilkan Harga Pangan

Lumbung Pangan Masyarakat akan dibangun di Karimun. LPM merupakan tempat cadangan pangan yang berperan untuk mengatasi atau mencegah krisis pangan.

Penulis: Yeni Hartati | Editor: Tri Indaryani
TRIBUNBATAM.id/Yeni Hartati
Bupati Aunur Rafiq, lakukan pengecoran pertama pada Lumbung Pangan Masyarakat di Kelurahan Harjosari. 

KARIMUN, TRIBUNBATAM.id - Pembangunan Lumbung Pangan Masyarakat (LPM) di Bangun Sari, Kelurahan Harjosari Kabupaten Karimun, telah dimulai ditandai dengan pengecoran pertama.

LPM merupakan tempat cadangan pangan di suatu daerah yang berperan untuk mengatasi atau mencegah krisis pangan di masyarakat.

Bupati Karimun, Aunur Rafiq bahkan telah melakukan pengecoran perdana dimulainya pembangunan LPM tersebut.

Pembangunan LPM oleh Dinas Pangan dan Pertanian itu, dikerjakan secara padat karya dengan melibatkan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Cahaya Sejahtera.

LPM nantinya akan melakukan kegiatan penyediaan sembilan bahan pokok (sembako) dan bisa menampung produk pertanian di Karimun.

"Adapun tujuan Lumbung Pangan Masyarakat ini untuk menjaga ketersediaan dan harga pangan di Kabupaten Karimun,” ucap Aunur Rafiq, Bupati Karimun.

Secara teknis, harga sembako dan produk pertanian yang ada di LPM akan berada di bawah harga pasar.

“Harga kita minta di bawah pasar, kalau pasar menjual Rp 100 ribu di LPM menjual Rp 95.000. Namun, dengan tetap ada keuntungan dan tidak merugikan petani karena tujuannya untuk menjaga kestabilan harga dan pangannya,” tambahnya.

Baca juga: Curi Ikan, Kapal Berbendera Malaysia Ditangkap Bakamla di Perairan Takong Karimun

Dari segi sosial, lumbung pangan untuk mengantisipasi kekurangan bahan pangan, mengantisipasi ancaman gagal panen akibat alam.

Sementara segi ekonomi, lumbung pangan untuk meningkatkan pengelolaan cadangan kelompok pangan dan pengembangan ekonomi produktif kelompok tani.

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved