Breaking News:

Kasus DBD di Lingga, 15 Warga Terjangkit Demam Berdarah Dengue hingga September 2021

Dinkes Lingga mencatat sepanjang 2020 lalu, jumlah kasus DBD mencapai 40. Tahun ini hingga September 2021, sudah 15 warga terjangkit demam berdarah.

Penulis: Febriyuanda | Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/istimewa
Kasus DBD di Lingga, 15 Warga Terjangkit Demam Berdarah Dengue hingga September 2021. Foto petugas kesehatan Puskesmas Dabo Lama saat menanggulangi kasus DBD di Kecamatan Singkep, Kabupaten Lingga pada Februari 2021 lalu. 

LINGGA, TRIBUNBATAM.id - Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) tahun 2021 di Kabupaten Lingga, Provinsi Kepri mengalami penurunan dibanding tahun lalu.

Tercatat hingga saat ini, ditemukan sebanyak 15 kasus demam berdarah di Lingga mulai Januari hingga September 2021. Terakhir pada Juli lalu. Namun jumlah itu masih bisa bertambah.

Kepala Seksi (Kasi) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinas Kesehatan Lingga, Wirawan Trisna Putra mengatakan, 15 kasus DBD tersebut tersebar di beberapa wilayah.

Ada pun wilayah yang masih dalam penanganan kasus DBD, di antaranya di Kecamatan Singkep, Kecamatan Lingga, Kecamatan Selayar Selayar dan Kecamatan Singkep Pesisir.

Baca juga: Hingga September Ada 413 Kasus DBD di Batam, Bisa Bertambah saat Musim Hujan

Baca juga: Waspada DBD! Selama 2021, Sudah 377 Orang Kena DBD di Batam

Wirawan menuturkan, kasus paling dominan berada di Kecamatan Singkep, meski tidak terlalu signifikan.

Sementara sepanjang tahun 2020 lalu, ditemukan sebanyak 40 kasus demam berdarah.

"Kasus DBD untuk tahun 2021 ini mengalami penurunan dibandingkan 2020 lalu. Dan alhamdulilah sampai hari ini kasus meninggal duna akibat demam berdarah tidak ada," jelas Wirawan.

Wirawan mengingatkan, faktor cuaca seperti hujan memungkinkan nyamuk Aedes Aegypti dapat berkembang biak.

"Selain itu kebersihan lingkungan, lalu tempat-tempat penampungan air yang memang merupakan tempat berkembang biaknya nyamuk demam berdarah ini," ujarnya.

Sementara itu, Kepala UPT Puskesmas Dabo Lama di Kecamatan Singkep, dr Yan Cahyadi Anas mengatakan, pihaknya telah menangani sebanyak 4 kasus DBD selama 2021 ini, dominan di wilayah Kelurahan Dabo.

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved