Breaking News:

Kantor Bahasa Kepri Gelar Penyuluhan Bahasa Negara di Natuna Sasar Pegawai Pemerintah

Kantor Bahasa Kepri gelar penyuluhan bahasa negara di ruang publik menyasar pegawai di instansi pemerintah di Kabupaten Natuna.Jumlah peserta 30 orang

Penulis: Muhammad ilham | Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/istimewa
Kantor Bahasa Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) mengadakan penyuluhan pengutamaan bahasa negara di ruang publik bagi instansi pemerintah se-Kabupaten Natuna di Hotel Tren Central, Ranai, Natuna, Rabu (22/9/2021) 

NATUNA, TRIBUNBATAM.id - Kantor Bahasa Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) mengadakan kegiatan penyuluhan pengutamaan bahasa negara di ruang publik bagi instansi pemerintah di Kabupaten Natuna.

Kegiatan berlangsung pada Rabu, 22 September 2021 di Hotel Tren Central, Ranai, Natuna.

Kegiatan diikuti oleh 30 peserta yang berasal dari beberapa instansi/organisasi perangkat daerah (OPD) di Natuna dan dibuka oleh Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Kabupaten Natuna, Tasrif.

Dalam kesempatan itu, Tasrif menyampaikan bahwa penggunaan bahasa di ruang publik adalah cerminan sikap atas kompetensi diri.

"Sikap positif atau sikap tertib berbahasa diperlukan agar penggunaan bahasa di ruang publik sesuai dengan ketentuan hukum dan kaidah kebahasaan," kata Tasrif.

Sementara itu, Kepala Kantor Bahasa Kepri, Asep Juanda menjelaskan, sebagai bahasa pemersatu bangsa, bahasa negara wajib mendapat tempat utama dalam ruang publik.

"Hal ini sudah tertuang dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku. Namun demikian, yang terlihat pada ruang publik di sekitar kita justru sebaliknya. Bahasa asing bahkan bahasa nonbaku kerap digunakan pada bahasa di ruang publik," ujarnya.

Baca juga: Belajar Tatap Muka di Natuna, Dinas Pendidikan Tunggu Arahan Gubernur Kepri

Baca juga: Bupati Natuna Ajukan Perubahan APBD 2021 Senilai Rp 1,18 Triliun

Menurutnya, instansi pemerintah sebaiknya menjadi contoh langsung penggunaan bahasa yang baik dan benar kepada masyarakat.

"Oleh karena itu, Kantor Bahasa Provinsi Kepulauan Riau melaksanakan Penyuluhan Pengutamaan Bahasa Negara di Ruang Publik bagi Instansi Pemerintah Se-Kabupaten Natuna," jelasnya.

Selain itu, ia juga menyampaikan informasi terkait tugas, fungsi dan program Kantor Bahasa Kepri serta payung hukum perlunya pengutamaan bahasa negara di ruang publik.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved