Breaking News:

Cek Kontrak Berlangganan IndiHome, Telkom Janji Ganti Rugi Buntut Gangguan Jaringan Internet

IndiHome (PT Telkom) menawarkan 3 jenis kompensasi kepada pelanggannya buntut gangguan jaringan internet WiFi yang hampir merata di seluruh Indonesia

istimewa/humas telkom
Cek Kontrak Berlangganan IndiHome, Telkom Janji Ganti Rugi Buntut Gangguan Jaringan Internet. Foto seorang karyawan Telkom sedang menjelaskan layanan IndiHome pada warga 

TRIBUNBATAM.id - Gangguan internet kabel fiber optik IndiHome terjadi hampir merata di seluruh Indonesia pada Ahad (19/9/2021).

Gangguan bermula dari masalah pada kabel bawah laut Jasuka (Jawa Sumatera Kalimantan), tepatnya di ruas Batam-Pontianak.

Asal gangguan teridentifikasi dari titik sekitar 1,5 km lepas pantai Batam pada kedalaman 20 meter di bawah permukaan laut.

Masalah tersebut menyebabkan layanan internet di sejumlah titik di wilayah Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara, Pulau Natuna, Kalimantan, Sulawesi dan Papua menjadi terganggu.

Buntut gangguan jaringan internet IndiHome sejak beberapa hari terakhir, PT Telkom Indonesia memberikan janji ganti rugi alias kompensasi kepada pelanggan IndiHome.

Vice President Marketing Management Telkom E. Kurniawan menyebutkan ada 3 jenis kompensasi yang akan ditawarkan kepada para pelanggan IndiHome.

Baca juga: 3 Jenis Kompensasi Telkom ke Pelanggan IndiHome Buntut Gangguan Internet

Baca juga: Indihome dan Telkomsel Gangguan, Ini Penyebab hingga Dampaknya

Pertama, ganti rugi sesuai kontrak berlangganan.

Sayangnya Kurniawan tak merinci bagaimana skema dan perhitungan kompensasi dalam kontrak tersebut.

Kedua, kompensasi diberikan dalam bentuk bebas denda keterlambatan pembayaran.

Adapun yang ketiga, yaitu  kompensasi lewat batas waktu pembayaran tagihan bulan terakhir yang diperpanjang.

"Terkait dengan pembayaran tagihan IndiHome, Telkom akan memberlakukan kebijakan bebas denda dan pengunduran batas akhir pembayaran hingga 25 September 2021," terang Kurniawan dalam keterangan resminya seperti dikutip pada Jumat (24/9/2021) melalui Kompas.com.

Dalam keterangan resmi tersebut juga disebutkan, pada prinsipnya Telkom Indonesia akan memberi kompensasi sebagaimana tertuang dalam kontrak saat awal berlangganan sesuai segmen pelanggan IndiHome.

"Bagi pelanggan IndiHome yang terdampak, tentu akan memberikan kompensasi sesuai dengan ketentuan pada kontrak berlangganan masing-masing pelanggan," ujar Kurniawan.

Kerusakan pada jaringan kabel bawah laut tersebut tak hanya membuat kapasitas jaringan IndiHome down, namun juga ikut berdampak pada jaringan internet pada operator Telkomsel.

Baca juga: Telkom Klaim Layanan Indihome Kembali Pulih, Komitmen Beri Konektivitas Terbaik

Baca juga: Jadi Pelanggan WiFi Indihome Bisa Daftar Online dengan HP, Ini Rincian Biayanya

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved