Breaking News:

ANAMBAS TERKINI

Desa Batu Belah Jadi Kampung Bahari Nusantara, Ada 5 Cluster Masuk Prioritas

Desa Batu Belah, Kecamatan Siantan Timur terpilih menjadi desa binaan Lanal Tarempa dan resmi menjadi Kampung Bahari Nusantara (KBN).

Penulis: Rahma Tika | Editor: Tri Indaryani
ISTIMEWA
Peresmian Desa Batu Belah sebagai kawasan kampung bahari Nusantara oleh Lanal Tarempa bersama Pemerintah Daerah. 

ANAMBAS, TRIBUNBATAM.id - Desa Batu Belah, Kecamatan Siantan Timur terpilih menjadi desa binaan Lanal Tarempa dan resmi menjadi Kampung Bahari Nusantara (KBN).

Hal ini ditandai dengan telah dilakukan penandatanganan prasasti gapura oleh Danlanal Tarempa bersama Pemerintah Daerah setempat.

Kampung Bahari Nusantara merupakan program kerja TNI AL yang masuk dalam pengawasan Dinas Potensi Maritim TNI AL (Dispotmaral), yang dikelola oleh staf potensi maritim Lanal Tarempa dalam bidang pembina potensi maritim (Babinpotmar) yang telah tersebar di desa pesisir.

Terpilihnya Desa Batu Belah ini sebelumnya sudah melalui mekanisme survei kesesuaian sebagai Kampung Bahari Nusantara (KBN).

Desa Batu Belah merupakan sebuah desa yang berada di sebuah pulau kecil bernama Batu Belah, secara administratif di bawah pemerintahan Kecamatan Siantan Timur.

Adapun mayoritas penduduknya bermata pencaharian sebagai nelayan dan bermukim di sepanjang bantaran pantai dan pesisir.

Dengan demikian maka segala aspek yang termasuk dalam kriteria desa binaan sangat tepat dituju kepada Desa Batu Belah.

Baca juga: 7 Kecamatan di Batam Masuk Zona Hijau Covid, Kasus Baru Tambah 1, Sembuh 1 Orang

Baca juga: Sejumlah Wilayah di Batam Diguyur Hujan Hari Ini, BMKG Keluarkan Peringatan Dini

Komandan Lanal Tarempa Letkol Laut (P) Yovan Ardhianto Yusuf, mengatakan Desa Batu Belah terpilih sebagai desa binaan dan kemudian sudah memulai kegiatan dengan melaksanakan karya bakti berupa pemugaran fasilitas umum, renovasi dan meningkatkan fasilitas rumah pintar.

"Beberapa kegiatan yang sudah kita kerjakan seperti pembuatan keramba tancap, pembuatan budidaya rumput laut dan melaksanakan pembinaan masyarakat, ke depannya akan kita lakukan pembinaan masyarakat melalui sosialisasi penyuluhan serta memberikan pengetahuan untuk mengangkat taraf ekonomi keluarga," jelas Yovan, Minggu (17/10/2021).

Program Kampung bahari nusantara merupakan program TNI Angkatan Laut yang telah dicanangkan 1 tahun sebelumnya melalui tahap survei dan peninjauan oleh tim Dinas Potensi Maritim TNI Angkatan Laut serta telah melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah Kabupaten Kepulauan Anambas sehingga diputuskan bahwa Desa Batu Belah sebagai Kampung bahari Nusantara.

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved