Breaking News:

3 Cara Melindungi Foto e-KTP agar Tidak Disalahgunakan

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah agar foto e-KTP tidak disalahgunakan yaitu dengan cara memberi tanda air atau watermark

ist
3 Cara Melindungi Foto e-KTP agar Tidak Disalahgunakan. Ilustrasi KTP elektronik 

TRIBUNBATAM.id - Kartu Tanda Penduduk (KTP) menjadi salah satu identitas masyarakat yang bersifat rahasia. 

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah agar foto e-KTP tidak disalahgunakan yaitu dengan cara memberi tanda air (watermark). 

Pasalnya saat ini foto KTP tidak sekedar menjadi bukti indentitas. 

Data KTP elektronik juga bisa digunakan untuk pengajuan kredit bank, prasyarat keperluan menikah, mengikuti pemilu, mendaftar pekerjaan dan masih banyak lagi. 

Dengan banyaknya fungsi dari KTP itu, masyarakat dinilai perlu untuk menjaga identitas KTP agar tak disalahgunakan oleh berbagai pihak. 

Baca juga: e-KTP Hilang atau Rusak? Ini Cara dan Syarat Membuat e-KTP yang Baru Tanpa Ribet

Baca juga: NIK KTP Belum Terdaftar di Dukcapil? Begini Cara Mengatasinya

Pada tanda air yang diterakan, setidaknya berisi keterangan tanggal dan kepada siapa scan KTP (atau berkas penting lainnya) diberikan. 

Pakai aplikasi edit foto

Salah satu cara menghindari pencurian dan penyalahgunaan data pribadi adalah dengan memberi watermark pada foto KTP elektronik, yang dijelaskan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

"Ini dia cara bikin watermark di scan KTP yang lebih advanced (mahir) dan mungkin lebih susah buat diedit sama pihak-pihak tidak bertanggung jawab," ujar Kominfo lewat akun Instagram resminya beberapa waktu lalu. 

- Buka aplikasi edit foto

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved