Breaking News:

BATAM TERKINI

BP Batam Mulai Data Lahan 'Terlantar', Sudah Dialokasikan Tapi tak Kunjung Dibangun

BP Batam akan segera menyelesaikan persoalan lahan 'terlantar' di Batam dan berencana menghidupkan kembali lahan tersebut.

FREEPIK.COM
Ilustrasi izin lahan di Batam. BP Batam akan segera menyelesaikan persoalan lahan 'terlantar' di Batam dan berencana menghidupkan kembali lahan tersebut. 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Badan Pengusahaan (BP) Batam berkomitmen menyelesaikan persoalan lahan tidur di Batam dalam waktu dekat ini.

Deputi III BP Batam, Sudirman Saad, mengungkapkan, kriteria lahan terlantar adalah tanah yang sudah dialokasikan, namun selama tiga tahun atau lebih tidak kunjung tampak adanya pembangunan.

"Kami akan segera mendaftar tanah-tanah yang sudah tiga tahun dialokasikan tetapi belum kunjung dibangun," ujar Sudirman, Jumat (22/10/2021).

Ada sekitar 3.500 hektare tanah terlantar yang saat ini sedang diproses dan akan dihidupkan kembali.

Lokasinya banyak tersebar di wilayah Batam Center dan Batuampar.

Setelah ditetapkan kriteria 3 tahun bagi tanah terlantar, pihaknya akan mengidentifikasi lahan-lahan mana saja yang belum ada tanda-tanda melakukan pembangunan.

Kemudian daftar itu akan dipublikasi dan dilakukan pembobotan.

"Tetapi kalau pemilik lahan sudah urus perizinan, itu ada indikasi mau membangun. Tujuan kami adalah untuk menggerakkan supaya lahan terlantar cepat dibangun," jelas Sudirman.

Ia mengungkapkan, lahan di Batam relatif sudah terbagi habis, bahkan di wilayah perairan.

Terhitung ada sekitar 2.000 hektare lahan di perairan yang sudah teralokasi, pertama kali oleh Pemerintah Kota (Pemko) Batam, kemudian oleh BP Batam, dan terakhir oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Riau.

Baca juga: 46.000 Warga Batam Belum Divaksin, Puskesmas Diberi Waktu hingga 14 November

Baca juga: SMKN 8 Khusus Farmasi Gandeng Sejumlah Klinik di Batam, Agar Lulusan Bisa Langung Kerja

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved