Breaking News:

KEPRI TERKINI

Tuntaskan Program Kepri Terang, Pemprov-PLN Kerja Sama Listriki 11 Pulau di Batam

Gubernur Kepri Ansar Ahmad sebut Pemprov siapkan anggaran Rp 3 miliar untuk listriki 8 pulau di Batam. Sisa 3 pulau lainnya akan dibantu PLN

Penulis: Endra Kaputra | Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/Endra Kaputra
Tuntaskan Program Kepri Terang, Pemprov-PLN Kerja Sama Listriki 11 Pulau di Batam. Foto Gubernur Kepri, Ansar Ahmad bersama Manajer UP3 PLN Tanjungpinang, Yusra Helmi 

KEPRI, TRIBUNBATAM.id - Gubernur Kepri, Ansar Ahmad menyambangi Kantor PLN Tanjungpinang seusai meresmikan listrik masuk desa di beberapa pulau di Kecamatan Belakangpadang, Batam, pada Senin (25/11/2021) kemarin.

Kunjungan itu merupakan tindak lanjut dari rencana Gubernur Kepri untuk mempercepat tuntasnya program 'Kepri Terang'.

"Kemarin kita sudah meresmikan masuknya listrik di Pulau Lengkang, Gare, dan Labon. Terus kita langsung membahas untuk pulau-pulau besar yang belum masuk listrik supaya secepatnya masuk listrik," kata Ansar, Selasa (16/11/2021).

Untuk mempercepat masuknya listrik di pulau-pulau besar di Kepri, Ansar menjelaskan, akan dilakukan pola Serah Terima Operasi (STO) antara Pemprov Kepri dengan PLN.

Dalam pola STO ini, Pemprov Kepri akan membantu penyediaan tenaga teknis yang akan bertugas menjaga dan merawat mesin generator.

Sementara untuk beberapa pulau kecil yang tidak terlalu banyak ditinggali keluarga, akan dilistriki dengan pembangkit listrik tenaga surya.

"Sudah kita anggarkan Rp 3 miliar untuk menyediakan listrik dan jaringan di 8 pulau di Batam, lalu PLN akan membantu di 3 pulau. Jika 11 pulau di Batam itu teraliri listrik maka pulau-pulau besar di Batam sudah teraliri listrik," katanya.

Baca juga: Rencana Singapura Buka Pintu Masuk Bagi WNI Lewat VTL, Ini Sikap Asparnas Kepri

Baca juga: Bank Indonesia Ajak Pemerintah Daerah Kepri Gunakan Transaksi Digital

Tidak hanya di Batam, Gubernur Kepri juga memberikan perhatian kepada beberapa pulau di Kabupaten Bintan yang belum dialiri listrik.

Beberapa pulau seperti Pulau Malin Besar, Malin Kecil, Kelong, dan Desa Tenggel akan dialiri listrik menggunakan transmisi tower.

"Yang di Anambas juga 6 desa akan mulai kita aliri listrik menggunakan CSR dari SKK Migas. Secara bertahap seluruh desa di Kepri sudah harus bisa menikmati layanan dasar listrik," tambah Ansar.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved