Breaking News:

Sampah di Pulau Kundur Karimun Menumpuk, Anggaran Minim Disebut Jadi Penyebabnya

Camat Kundur Syaifullah lambatnya penanganan sampah saat ini karena truk sampah cuma 1. Selain itu karena anggaran operasional minim

Penulis: Yeni Hartati | Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/Yeni Hartati
Sampah di Pulau Kundur Karimun Menumpuk, Anggaran Minim Disebut Jadi Penyebabnya. Foto sampah menumpuk di salah satu titik di Pulau Kundur Karimun 

KARIMUN, TRIBUNBATAM.id – Kenaikan harga Pertalite di Karimun dari Rp 6.450 menjadi Rp 6.850 per liternya disebut-sebut ikut jadi kendala pengangkutan sampah di Karimun.

Pasalnya di beberapa tempat pembuangan sampah sementara, terlihat sampah menumpuk.

Kondisi ini tidak hanya terjadi di Pulau Karimun Besar, tetapi juga di Pulau Kundur, di samping karena sarana dan fasilitas yang ada kurang memadai.

Camat Kundur, Syaifullah mengatakan, penanganan sampah yang dilakukan di Kecamatan Kundur saat ini hanya dilakukan satu truk.

Ditambah pula kondisi truk itu sudah tua dan sering rusak dalam suatu waktu.

Sehingga sampah tidak terangkut selayaknya pada hari biasanya.

"Selain kondisi truk yang hanya satu dan sudah usang, masalah operasional seperti BBM juga jadi kendala dalam pengangkutan sampah,” ucap Syaifullah, baru-baru ini.

Baca juga: Petugas DLH Batam Lambat Ganti Bin Kontainer, Pengangkutan Sampah di Sagulung Molor

Baca juga: Tumpukan Sampah di Jalan Duyung Rusak Pemandangan Pusat Kota Batam

Diketahui, truk yang menangani sampah di wilayah Kecamatan Kundur itu telah ditetapkan waktu pengangkutan sampahnya. Dalam sehari ada empat kali pengangkutan sampah di beberapa titik.

“Empat kali. Dua kali pagi dan dua kali sore. Namun kendalanya, anggarannya kecil dan tidak mencukupi kalau harus empat kali sehari,” jelasnya.

Sementara pengelolaan sampah langsung dari dinas terkait, dan petugas kebersihan yang ada di Kecamatan Kundur berstatus honorer di Dinas Kebersihan dan Lingkungan hidup.

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved