Breaking News:

DEMO BURUH DI BATAM

CURHAT Buruh Wanita di Batam, Rela Panas-panasan Ikut Demo karena Alasan Ini

Di antara buruh yang demo memprotes kenaikan UMK Batam 2022 sebesar Rp 35.000 ada para buruh wanita. Ini alasan mereka ikut demo meski panas.

TRIBUNBATAM.id/Ronnye Lodo Laleng
Ratusan buruh sedang bersantai di sepanjang jalan Raja Isa Batam Kota di sela aksi demo di depan Gedung Graha Kepri di Batam menuntut kenaikan UMK. 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Dorongan untuk ikut berdemonstrasi bersama buruh lainnya sudah tak terbendung lagi oleh ‘emak-emak’ buruh.

Ribuan massa buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) serta aliansi buruh se-Kota Batam itu mendatangi gedung Graha Kepri, Batam Center, Kamis (25/11/2021).

“Bukan apa bang, kami udah gerah lihatnya. Dari buruh melalui ketua-ketua kami sudah memintai kenaikan UMK yang patut tapi tak ada titik temu,” ujar seorang buruh, Rina yang merupakan ibu rumah tangga saat ikut berdemonstrasi. 

Tak hanya Rina, ada ratusan ‘emak-emak' lainnya yang ikut berjuang melakukan aksi unjuk rasa di gedung Graha Kepri itu. 

Rina mengungkapkan kekesalannya atas kenaikan UMK Batam 2022 yang hanya naik Rp 35.000 menurutnya, itu jauh dari permintaan yang disampaikan buruh.

“Bang, saya ini emak-emak. Saya tahu betul semua kebutuhan naik, harga minyak goreng naik loh bang. Itu pun naiknya sampai 40 persen dari harga biasanya,” ujarnya. 

Tak hanya itu, lanjut dia, harga bahan bakar minyak untuk jenis premium juga sudah dihapuskan. 

“Selama ini kalau kita berangkat kerja bensin motor isi 15 sudah cukup pulang pergi kerja, sekarang mana cukup bg. Premium sudah dihapus ganti pertalite, pertalite aj seliter 8000 ribu. Jadi sudah semua serba naik,” katanya.

Baca juga: BURUH Batam Bakal Demo 4 Hari, Suprapto: Buruh Belum Pernah Sekalipun Bertemu Gubernur

Untuk itu ia pun bersama ratusan pendemo wanita lainnya harus turun bergabung untuk bersama sama berjuang dengan rekan buruh lainnya. 

Hingga siang ini ribuan massa buruh masih bertahan di halaman gedung Graha Kepri itu.  

Halaman
1234
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved