Breaking News:

KEPRI TERKINI

Gubernur Kepri Hadiri Panen Raya, Dukung Kundur jadi Lumbung Pertanian Kepri

Gubernur Kepri menyebut, pemerintah pusat maupun daerah punya program yang mendukung sektor pertanian dan ketahanan pangan.

Penulis: Yeni Hartati | Editor: Septyan Mulia Rohman
TribunBatam.id/Yeni Hartati
Gubenur Kepri, TP PKK Kepri Dewi Kumalasari dan Bupati Karimun Aunur Rafiq saat menunjukan hasil panen di sekolah inovasi teknologi proliga, Tanjungberlian Kota, Kecamatan Kundur, Kabupaten Karimun, Sabtu (28/11/2021). 

KARIMUN, TRIBUNBATAM.id - Gubernur Kepri Ansar Ahmad menghadiri panen bersama di sekolah lapang inovasi teknologi lipat ganda (proliga) di Kundur, Kabupaten Karimun, Sabtu (27/11).

Didampingi istri Dewi Kumalasari, Ansar mengatakan Pemerintah Pusat dan daerah terus mendorong program-program berbagai bidang termasuk di bidang pertanian.

Tidak hanya mengisi pasar dalam negeri, akan tetapi pemerintah juga mendorong gerakan-gerakan untuk mengisi pasar yang terbuka besar di luar negeri.

"Adanya paket-paket di bidang pertanian yaitu Gerakan 3 kali eksport (Gratiek) dan Produksi Lipat Ganda (Proliga). Tentunya program ini kita sambut baik karena program-program seperti ini pasti ada stimulus-stimulus bantuan program dari Pemerintah Pusat akan didorong ke Daerah," ucapnya.

Menurutnya, sektor pertanian hadir secara nyata di tengah-tengah kelesuan sektor industri dan pariwisata yang selama ini berkontribusi bagi daerah.

Baca juga: Gubernur Kepri Optimistis Turnamen Olahraga Bergaung Dongkrak Ekonomi Daerah

Baca juga: Hadiri Bhayangkara Mural Festival di Batam, Wagub Kepri Dukung Kreativitas Seni Anak Muda

Diketahui, Kepulauan Riau termasuk salah satu dari 17 pintu pengeluaran ekspor komoditas pertanian.

"Melalui inovasi Proliga ini diharapkan sektor pertanian di Kabupaten Karimun dapat semakin meningkat dan sejahtera," terangnya.

Pemerintah Pusat juga menegaskan kepada lembaga-lembaga Pemerintah maupun Non Pemerintah untuk ikut mendorong program pertanian ini supaya sukses.

"Tadi Pak Musni sampaikan kepada saya, Bank Indonesia juga sedang mengembangkan 4 hektare tanaman cabai merah di Kilometer 6 yang mencapai kapasitasnya 20 ton," jelasnya.

Gubernur menjelaskan kedepan Pemerintah Provinsi Kepri bersama Bank Indonesia akan bekerjasama guna memperluas produksi pertanian.

Halaman
123
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved