Breaking News:

ANAMBAS TERKINI

CARA Daftar Aplikasi BPN, Mudahkan Warga Peroleh Informasi Seputar Tanah

Badan Pertanahan Nasional (BPN) punya aplikasi yang memudahkan warga untuk mendapat informasi seputar tanah. Berikut cara daftarnya.

Penulis: Rahma Tika | Editor: Septyan Mulia Rohman
TRIBUNBATAM.id/HENING SEKAR UTAMI
Badan Pertanahan Nasional (BPN) punya aplikasi yang memudahkan masyarakat untuk mengakses informasi seputar tanah. Foto pengguna mengakses laman web bhumi.atrbpn.go.id untuk mengecek rentang Zona Nilai Tanah, Jumat (6/11/2020). 

ANAMBAS, TRIBUNBATAM.id - Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR) Badan Pertanahan Nasional (BPN) punya aplikasi yang memudahkan masyarakat mengakses informasi.

Lewat aplikasi bernama Sentuh Tanah yang sudah ada sejak 2019, informasi bisa mudah diakses secara online tanpa harus datang ke kantor BPN.

Aplikasi ini sudah bisa didownload langsung melalui playstore ataupun app store di ponsel pengguna.

Dengan hadirnya aplikasi ini, masyarakat dapat dengan mudah mengetahui terkait informasi tanah maupun informasi lainnya dengan sistem online tanpa harus datang lagi ke kantor.

Kepala Kantor BPN melalui Koordinator Pendaftaran kantor BPN Kabupaten Kepulauan Anambas, Aminullah Alhakim, S.H mengungkap cara untuk mengakses aplikasi ini.

Amin menjelaskan jika masyarakat harus mendaftar terlebih dulu.

"Saat ini masih terus dikembangkan. Untuk pendaftarannya masih offline, jadi harus ke kantor BPN dulu," ungkapnya, Kamis (16/12/2021).

Baca juga: Program Sertifikasi Tanah di Tanjungpinang, Kepala BPN dan Walikota Tinjau 3 Lokasi

Baca juga: BPN Anambas Kejar Target Terbitkan Sertifikat Tanah 2 Kecamatan

Untuk proses pendaftaran, masyarakat wajib melampirkan KTP.

Jika sudah terdaftar, masyarakat bisa mendapat layanan berupa syarat, biaya dan jangka waktu penyelesaian, termasuk rincian informasi sertifikat.

"Aplikasi tersebut telah dihadirkan oleh Kementrian ATR/BPN pada 2019 lalu, dan terus di lakukan pengoptimalan agar bisa memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk menggunakannya," ucap Amin, Kamis (16/12/2021).

Halaman
123
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved