Breaking News:

Klinik Utama Saffira Sentra Medika Siap Layani Peserta JKN-KIS

BPJS Kesehatan bekerja sama dengan Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjut (FKRTL) untuk memberikan pelayanan kepada peserta JKN-KIS.

Ist
Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Batam bekerja sama dengan Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjut (FKRTL) untuk memberikan pelayanan kepada peserta JKN-KIS. 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan bekerja sama dengan Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjut (FKRTL) untuk memberikan pelayanan kepada peserta JKN-KIS.

Berbeda dengan faskes tingkat pertama, FKRTL yang terdiri dari rumah sakit dan klinik utama ini memberikan pelayanan kepada peserta JKN-KIS yang bersifat spesialistik atau sub spesialistik.

Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Rujukan BPJS Kesehatan Cabang Batam, Venny Widya Sari mengatakan, bahwa sampai dengan bulan Desember, BPJS Kesehatan Cabang Batam sudah menjalani kerja sama dengan 23 fasilitas kesehatan (faskes) di Kota Batam.

Jumlah tersebut terdiri dari 4 (empat) RS tipe B, 11 (sebelas) RS tipe C, 2 (dua) RS tipe D dan 6 (enam) klinik utama yang tersebar di 12 (dua) belas kecamatan yang ada di Batam.

“Hingga Desember ini kami menjalin kerja sama baru dengan 3 klinik utama untuk memperluas akses layanan bagi peserta JKN-KIS di Kota Batam. Jumlah tersebut menambah jumlah FKRTL bekerja sama menjadi 23 FKRTL,”  kata Venny dalam keterangan yang diterima TribunBatam.id, Selasa (28/12/2021).

Baca juga: BPJS Kesehatan Cabang Batam Gandeng Kejari Batam Dukung Program JKN-KIS

Baca juga: Petugas Penanganan Pengaduan BPJS Kesehatan Siap Atasi Keluhan Peserta

Venny mengatakan untuk menjalin kerjasama dengan BPJS Kesehatan, setiap faskes tentunya harus  lolos dalam seleksi yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan atau yang disebut dengan kredensialing.

Ia menambahkan, setelah lolos seleksi faskes juga harus melaksanakan komitmen pelayanan antara lain tidak melakukan pungutan biaya tambahan kepada peserta.

Tidak melakukan diskriminasi kepada pasien, menyediakan ruang perawatan tanpa kuota serta berkomitmen untuk memiliki sistem antrean elektronik dan informasi ketersediaan tempat tidur yang terintegrasi dengan Mobile JKN.

“Kami minta setiap faskes dapat berkomitmen untuk melayani peserta JKN -KIS terutama dalam hal digitalisasi pelayanan yang menjadi fokus di tahun 2021 serta komitmen untuk tidak melakukan diskriminasi kepada peserta JKN-KIS,” kata Venny.

Untuk 3 (tiga) klinik utama yang menjadi mitra BPJS Kesehatan Per Desember yakni Klinik Saffira Sentra Medika di Buana Centra Park Tembesi.

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved