Breaking News:

NATUNA TERKINI

Pemkab Natuna Surati Kemendikbud, Museum Natuna Belum Serah Terima Sudah Rusak

Gedung kebudayaan yang dibangun Kemendikbud Ristek di Natuna jadi perhatian Dinas Pariwisata dan Kebudayaan. Apa yang sebenarnya terjadi?

TribunBatam.id/Muhammad Ilham
Potret depan gedung Kebudayaan Kabupaten Natuna (Museum) yang berada di Komplek Natuna Gerbang Utaraku, Kecamatan Bunguran Timur, Selasa (28/12/2021). 

NATUNA, TRIBUNBATAM.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Natuna melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD)-nya menyurati Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Ini terkait kondisi gedung Kebudayaan Kabupaten Natuna (Museum) yang berada di Kompleks Natuna Gerbang Utaraku, Kecamatan Bunguran Timur, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepri.

Gedung Kebudayaan Kabapaten Natuna dibangun dengan dana APBN sejak tahun 2016 dengan total anggaran sampai saat ini sekitar Rp 43 Miliar.

Pemkab Natuna khawatir, jika serah terima tetap dilakukan bakal menjadi beban daerah.

Dalam surat bernomor 556/DISPARBUD-BK/348 itu Pemkab Natuna meminta perbaikan terhadap sejumlah kerusakan di gedung tersebut.

Mulai dari bagian plafon yang rusak dan beberapa bagian yang turun, adanya beberapa rembesan air dari atas pada beberapa bagian museum dan adanya beberapa dinding yang retak.

Baca juga: Nasib Natuna Daerah Terdepan Kepri, Harga Cabai Rawit Sampai Sayur Naik Jelang Akhir Tahun

Baca juga: Dampak Cuaca Ekstrem, Kapal Angkut Ikan Natuna Tenggelam Dihantam Gelombang

Selain itu ada juga kerusakan berupa kerusakan Areal Penggunaan Lain (APL) pada beberapa tiang yang ada di gedung museum tersebut.

"Surat ini dibuat pada tanggal 22 Desember 2021 kemarin dan langsung dikirim ke pusat. Tapi sejauh ini kami belum menerima respon dari pusat," kata Kabid Kebudayaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Natuna, Hadisun melalui telepon, Selasa (28/12/2021).

Ia menyebutkan tujuan surat itu dilayangkan agar pemerintah pusat dapat menyelesaikan terlebih dahulu seluruh kerusakan yang ada sebelum diserahkan ke daerah.

"Karena pemerintah dan DPRD Natuna tidak mau nantinya kerusakan ini akan jadi beban APBD," tegasnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved