Breaking News:

Dilengkapi Fasilitas Komputer, Pemkab Bintan Kini Punya Gedung Pendidikan Non Formal

Asisten Administrasi Umum Sekda Bintan Kartini sebut, gedung baru itu diperuntukan bagi pendidikan non formal. Targetnya dari semua kalangan usia

Penulis: Alfandi Simamora | Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/Alfandi Simamora
Potret gedung baru Pemkab Bintan untuk pendidikan non formal yang berlokasi di Desa Toapaya Selatan, Kecamatan Toapaya. Foto diambil Jumat (7/1/2022) 

BINTAN, TRIBUNBINTAN.com - Pemerintah Kabupaten Bintan saat ini memiliki gedung baru untuk pendidikan non formal. Lokasinya di Desa Toapaya Selatan, Kecamatan Toapaya.

Asisten Administrasi Umum Setda Bintan, drh Kartini menuturkan, gedung tersebut sudah bisa difungsikan bagi sarana belajar mengajar. Itu untuk pengguna manfaat yang memerlukan sekolah pendidikan non formal.

"Ini gratis dan targetnya bagi mereka yang membutuhkan dari berbagai kalangan usia seperti buta aksara ataupun karena faktor tertentu. Di sini akan diajarkan belajar membaca, menulis, berhitung serta bisa menjangkau setiap warga yang ingin meningkatkan kemampuan dan pengetahuannya," ujarnya, Jumat (7/1/2022).

Gedung yang dibangun dari alokasi DAK Fisik APBN tahun 2021 ini, dilengkapi peralatan komputer, mesin jahit dan perlengkapan sarana belajar mengajar lainnya.

Lewat Sekolah Pendidikan Non Formal (SPNF) ini, para peserta didik bisa memiliki ijazah layaknya sekolah pada umumnya dengan paket A,B dan C.

Selain itu juga disediakan berbagai bidang keahlian untuk meningkatkan kualitas SDM, seperti adanya pelatihan spa, menjahit. Sertifikat yang diperoleh nantinya dapat menjadi bekal dalam mencari pekerjaan.

Sementara itu, Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Nonformal Dinas Pendidikan Bintan, Maryanti mengatakan, pendidikan non formal merupakan bagian bentuk kepedulian pemerintah dalam meningkatkan kualitas SDM.

Baca juga: Satu Rumah Terbakar di Bintan, BPBD Gerak Cepat Bantu Korban Kebakaran

Baca juga: Ratusan Siswa TK di Bintan Dapat Bantuan Perlengkapan Sekolah Gratis dari Pemkab

Karena itu Pemkab Bintan juga memberikan beberapa bantuan paket belajar mengajar. Diharapkan bantuan paket tersebut dapat menjadi motivasi dan semangat untuk seluruh peserta didik dalam menyelesaikan pembelajaran.

Rencananya untuk pendidikan non formal, akan dilakukan pembelajaran tatap muka satu kali dalam seminggu, yakni pada Minggu. Sebab peserta didik di Sekolah Pendidikan Non Formal (SPNF) ini rata-rata sudah bekerja. (tribunbatam.id/Alfandi Simamora)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google 

Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved