Breaking News:

KESEHATAN

Benarkah Vaksin Covid-19 Berisiko Memperlambat Haid? Ini Kata Studi

Penelitian di Amerika Serikat (AS) menyebutkan bahwa perempuan yang divaksinasi Covid-19 mengalami keterlambatan menstruasi sekitar sehari dibandingka

Kompas.com
Ilustrasi nyeri haid 

TRIBUNBATAM.id - Penelitian di Amerika Serikat (AS) menyebutkan bahwa perempuan yang divaksinasi Covid-19 mengalami keterlambatan menstruasi sekitar sehari dibandingkan dengan yang tidak divaksin. 

Sekalipun terlambat, tetapi menurut penelitian yang dilakukan pada hampir 4.000 orang dan diterbitkan dalam Jurnal Obstetrics & Gynecology mengungkapkan jumlah hari menstruasi tak akan terpengaruh. 

Penulis utama, Alison Edelman dari Oregon Health & Science University mengatakan kepada kantor berita AFP bahwa efeknya kecil dan diperkirakan bersifat sementara, sebuah temuan yang "sangat meyakinkan" serta memvalidasi mereka yang mengalami perubahan. 

Siklus menstruasi umumnya berlangsung sekitar 28 hari, tetapi jumlah yang tepat bervariasi dari satu wanita ke wanita lain, serta dalam masa hidup seseorang.

Itu juga dapat berubah selama masa stres. 

Untuk studi mereka, para ilmuwan menganalisis data anonim dari aplikasi pelacakan kesuburan, di antara wanita berusia 18 hingga 45 tahun yang tidak menggunakan kontrasepsi hormonal.

Baca juga: 5 Gejala dan Cara Mencegah Tertular Covid-19 Omicron, 2 Masker Ini Efektif Halau Virus Omicron

Baca juga: Ketahui 5 Kebiasaan Baik Ini untuk Kikis Lemak Perut Berlebih, Termasuk Kurangi Asupan Gula

Sekitar 2.400 peserta divaksinasi - mayoritas dengan Pfizer (55 persen), diikuti oleh Moderna (35 persen) dan Johnson & Johnson (tujuh persen).

Sekitar 1.500 wanita yang tidak divaksinasi juga dimasukkan sebagai pembanding.

Respon imun terhadap vaksin

Rata-rata, dosis vaksin pertama dikaitkan dengan peningkatan panjang siklus 0,64 hari dan dosis kedua dengan peningkatan 0,79 hari, ketika membandingkan kelompok yang divaksinasi dengan yang tidak divaksinasi.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved