Breaking News:

LINGGA TERKINI

Talam Sehidang Komunitas Kumpul Sepekan Pukau Warga Lingga, Lestarikan Budaya Melayu

Komunitas Kumpul Sepekan punya cara sendiri dalam menjaga budaya tetap lestari. Mereka menggelar acara Talam Sehidang yang sukses memukau warga Lingga

Penulis: Febriyuanda | Editor: Septyan Mulia Rohman
TribunBatam.id/Dokumentasi Komunitas Kumpul Sepekan untuk TribunBatam.id
Komunitas Kumpulan Sepekan jadi salah satu penggagas utama dalam acara Talam Sehidang di area kantor Desa Tanjung Harapan, Kecamatan Singkep, Kabupaten Lingga belum lama ini. 

LINGGA, TRIBUNBATAM.id - Acara Talam Sehidang yang digelar di Kabupaten Lingga, Provinsi Kepri sukses menyita perhatian masyarakat.

Acara yang menampilkan sebuah kehidupan masyarakat Melayu tempo dulu, sebelum mengenal zaman teknologi modern ini digagas Komunitas Kumpulan Sepekan.

Meski hanya berlangsung selama dua hari, namun acara ini masih menjadi momen langka dan masih diingat oleh masyarakat sampai sekarang.

Meski hanya beranggotakan 11 orang, namun ide mereka yang telah lama terkonsep ini, mampu dikemas semenarik mungkin.

Kumpulan Sepekan ini diketuai oleh Desgi Prayoga, yang menjadi salah seorang pecinta budaya Melayu sejak masih duduk di bangku sekolah.

Pria keturunan Bugis-Melayu ini ikut berperan dalam menjaga dan melestarikan adat Melayu Lingga, bersama ke 10 anggota Perkumpulan Sepekan lainnya.

Baca juga: Walikota Resmikan Sekretariat LAM Tanjungpinang, Rahma : Gedung Tetap Berciri Melayu

Baca juga: Talam Sehidang di Lingga, Hidupkan Budaya Masyarakat Melayu Tempo Dulu Dari Makan Bersama

Konsep yang telah mereka kemas baik ini akhirnya terealisasi, dengan mengajak Desa Tanjung Harapan beserta Sanggar Seni dan BumDesnya, ikut andil dalam mensukseskan kegiatan ini.

Mereka pun memilih area taman kantor Desa Tanjung Harapan, untuk melaksanakan kegiatan ini.

Ketua Kumpulan Sepekan yang menjadi ketua pelaksana Talam Sehidang, Desgi Prayoga mengatakan tempat ini memiliki semua hal untuk menunjang acara tersebut.

"Karena tempatnya strategis dan memiliki sarana dan prasarana yang menunjang untuk kegiatan awal dari komunitas kumpulan Sepekan," kata pria yang dikenal dengan sapaan Yoga ini kepada TribunBatam.id, Minggu (9/1/2022).

Halaman
1234
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved