Breaking News:

TIPS

Perempuan Harus Tahu! 3 Posisi Tidur yang Bisa Kurangi Nyeri saat Haid

Bagi sebagian besar wanita menstruasi adalah hal yang cukup menyiksa. Meski mungkin hanya terjadi selama kurang lebih satu pekan setiap bulannya,

Kompas.com
Ilustrasi nyeri haid 

TRIBUNBATAM.id - Bagi sebagian besar wanita menstruasi adalah hal yang cukup menyiksa. 

Meski mungkin hanya terjadi selama kurang lebih satu pekan setiap bulannya, tapi ini terkadang begitu menyakitkan hingga kehilangan selera untuk melakukan kegiatan apa pun. 

Dari mulai kram perut, sakit kepala, nyeri payudara hingga pendarahan hebat adalah kombinasi yang bisa merusak pekan Anda karena menstruasi. 

Sebagaimana dilansir Sleep Score, siklus menstruasi umumnya berlangsung dari 25 hingga 35 hari, dengan rata-rata 28 hari untuk sebagian besar wanita sehat. 

Saat menstruasi terjadi sekitar 80 persen wanita mengalami gejala pramenstruasi bahkan wanita sehat mengalami kondisi yang lebih parah yang disebut gangguan disforik pramenstruasi (PMDD).

Hal ini misalnya gangguan tidur, baik hipersomnia (kantuk berlebihan) atau insomnia.

Baca juga: Benarkah Vaksin Covid-19 Berisiko Memperlambat Haid? Ini Kata Studi

Baca juga: Cara Membersihkan Pembalut yang Benar Berdasarkan Jenisnya

Suhu tubuh malam hari yang tinggi, serta kedinginan dan berkeringat telah dilaporkan pada wanita dengan PMS dan PMDD yang parah juga. 

Meski demikian, Anda tak perlu khawatir karena posisi tidur tertentu ternyata bisa membantu Anda meringankan rasa nyeri saat haid dan membuat tidur lebih nyenyak. 

Berikut beberapa posisi tidur yang bisa mengurangi rasa sakit saat haid

1. Tidur meringkuk

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved