Breaking News:

BATAM TERKINI

BEGINI Kelanjutan Rencana Pembangunan Pelabuhan Terbesar di Sekupang Batam

Walikota Batam, HM Rudi mengungkapkan progres rencana pembangunan pelabuhan baru di kawasan Tanjung Pinggir, Sekupang Batam.

Penulis: Roma Uly Sianturi | Editor: Tri Indaryani
tribunbatam.id/Argianto
Menteri Koordinator Maritim dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan bersama Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi meninjau lokasi pelabuhan baru peti kemas yang akan dibangun di Batam, belum lama ini. 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Pembangunan pelabuhan baru di kawasan Tanjung Pinggir, Kecamatan Sekupang, Kota Batam, Kepulauan Riau masih menjadi topik pembahasan dengan pemerintah daerah.

Wali Kota Batam sekaligus Kepala BP Batam, Muhammad Rudi mengaku, Jumat (11/2/2022) pihaknya kembali melakukan rapat lanjutan terkait pembangunan pelabuhan Sekupang bersama Menteri Perhubungan.

"Jadi kita lagi menyiapkan apa yang diminta oleh pemerintah pusat. Tentu ini tidak lepas dari laporan saya kepada Menko Perekonomian," ujar Rudi, Kamis (10/2/2022).

Diakuinya lokasi Pelabuhan sudah mendukung.

Namun pihaknya harus menyiapkan akses menuju Pelabuhan. Seperti jalan yang nyaman dan fasilitas lainnya yang memberikan efek kepada pelabuhan lainnya.

"Kalau pembangunan Batu Ampar masih jalan terus. Tapi Batu Ampar mungkin hanya mampu menarik sekitar 2 juta Teus," katanya.

Sementara kapasitas untuk Pelabuhan Sekupang ini bisa menampung 30 juta teus. Lantaran lokasi Pelabuhan Sekupang yang cukup besar.

Baca juga: KABAR GEMBIRA! 2 Tongkang Dilengkapi Cafe Disiapkan Bagi Wisatawan Keliling Belakang Padang Batam

Baca juga: WARGA Batam Laporkan Pohon Tumbang Lewat Call Centre Darurat 112

Sebelumnya diberitakan pemerintah akan membangun pelabuhan baru di Batam.

Ini akan menjadi pelabuhan terbesar RI lainya melebihi pelabuhan Tanjung Priok. 

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, mengatakan Pelabuhan Tanjung Pinggir yang berada di Batam ini diproyeksikan lebih besar dari Tanjung Priok dan akan diintegrasikan dengan Kuala Tanjung.

Saat ini luas lahan yang ada di Tanjung Pinggir sebesar 94 hektare dan selanjutnya akan diperluas hingga 330 hektare dengan kedalaman airnya sekitar 40 meter.

"Nantinya Pelabuhan di Tanjung Pinggir ini akan dibuat menjadi green and smart port," ujar Luhut Selasa (25/1/2022) lalu.

Sementara rencana untuk pelabuhan yang sudah ada di Batam akan dilakukan penataan. Antara lain Pelabuhan Batu Ampar,

Pelabuhan Sekupang, Pelabuhan Nongsa Pura, Pelabuhan Batam Center, Pelabuhan Kabil, dan Pelabuhan Telaga Punggur.

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved