Breaking News:

Gempa Bumi di Sumatera Barat, Getaran Terasa Hingga ke Karimun Kepri dan Negeri Jiran

Sejumlah warga Karimun mengakui merasakan getaran akibat gempa bumi yang terjadi di Pasaman Barat, Sumatera Barat. Pihak BMKG juga membenarkannya.

Penulis: Yeni Hartati | Editor: Dewi Haryati
shutterstock
Gempa Bumi di Sumatera Barat, Getaran Terasa Hingga ke Karimun Kepri dan Negeri Jiran. Foto Ilustrasi Gempa. 

KARIMUN, TRIBUNBATAM.id - Gempa bumi yang terjadi di Pasaman Barat, Sumatera Barat hari ini, Jumat (25/2/2022), juga berdampak ke Kabupaten Karimun, Provinsi Kepri.

Sejumlah warga Karimun mengakui, merasakan getaran akibat gempa bumi dengan kekuatan 6,2 Skala Richter (SR) yang terjadi di 17 Kilometer Timur Laut Dharmasraya Sumbar, sekira pukul 08.39 WIB.

"Kami yang di Pulau Burung (Kecamatan pulau Karimun luar-red) juga merasakan getaran gempa itu," ujar seorang warga Triyuwan.

Hal serupa juga dirasakan Putra, warga Kecamatan Tebing.

"Pagi tadi itu waktu bangun tidur, saya kira memang oyong, rupanya sekali tahu itu gempa. Lumayan terasa juga getaran di rumah," ujarnya.

Dikonfirmasi TribunBatam.id, Observer BMKG Raja Haji Abdulah Karimun, Younggy Hutabarat membenarkan, peristiwa alam yang terjadi di Sumbar itu dirasakan hingga ke Karimun.

"Benar, gempa bumi yang terjadi di Pasaman memang terasa sampai Karimun selama beberapa detik," ujar Younggy.

Younggy menambahkan, guncangan gempa tidak hanya terasa di Pulau Sumatera saja. Namun, juga sampai ke negara jiran yakni Malaysia dan Singapura.

Baca juga: Pasaman Barat 2 Kali Diguncang Gempa Bumi, Terasa Hingga Pariaman, Warga Berhamburan Keluar

Baca juga: BREAKING NEWS, Gempa Bumi Guncang Pasaman Barat, Terasa Hingga Nias Selatan

" Malaysia dan Singapura juga merasakan getaran gempa tersebut. Untuk di wilayah Karimun, guncangan gempa bumi yang terjadi adalah intensitas kecil," jelasnya.

Ia menyampaikan, penyebab guncangan gempa bisa terasa sampai ke wilayah Karimun, lantaran pusat gempa bumi di Sumatera Barat itu terjadi di daratan.

Terakhir, Younggy mengimbau kepada masyarakat untuk tidak panik dengan terjadinya gempa bumi tersebut.

"Masyarakat jangan panik dan berspekulasi apa-apa, tetap tenang dan terus mengupdate informasi gempa bumi di BMKG," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, gempa bumi terjadi di Provinsi Sumatra Barat, Jumat (25/2/2022).

Lokasi gempa dilaporkan terjadi di 17 kilometer timur laut Pasaman Barat sekira pukul 08.39 WIB dengan kedalaman 10 kilometer.

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved