Breaking News:

NATUNA TERKINI

Rodhial Minta KEK di Natuna segera Diwujudkan saat Bertemu Anggota DPR Cen Sui Lan

Wakil Bupati Natuna Rodhial Huda mendorong agar KEK segera diterapkan di Natuna lewat Anggota DPR RI Dapil Kepri Cen Sui Lan

Penulis: Muhammad ilham | Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/Muhammad Ilham
Anggota Komisi V DPR RI dari Daerah Pemilihan Provinsi Kepri, Cen Sui Lan diskusi bersama Pemkab Natuna, di Kantor Bupati Natuna, Bukit Arai, Kecamatan Bunguran Timur, Provinsi Kepulauan Riau, Kamis (3/3/2022). 

NATUNA, TRIBUNBATAM.id – Wakil Bupati Natuna, Rodhial Huda mengusulkan agar daerahnya dijadikan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Maritim.

Usulan itu disampaikan kepada anggota Komisi V DPR RI, Cen Sui Lan saat melaksanakan kunjungan kerja ke Natuna.

Rodhial Huda mengatakan, dengan dijadikannya Natuna sebagai KEK para investor akan masuk ke Natuna, sehingga memberikan dampak yang besar baik untuk Natuna maupun negara.

"Tanpa adanya KEK ini, investor segan dan malas masuk ke Natuna, karena tak ada kekhususan," kata Rodhial Huda saat diskusi bersama Cen Sui Lan dan Satker Komisi V DPR RI di Ruang Rapat Kantor Bupati Natuna, Kamis (3/3/2022).

Ia berharap anggota DPR RI Cen Sui Lan bisa menyampaikan usulan ini kepada Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto agar bisa mempertimbangkan Natuna menjadi KEK Maritim.

"Mudah-mudahan cepat terjadi agar Natuna mendapatkan impactnya," kata Rodhial.

Ia melanjutkan, pembangunan insfrastruktur dan ekonomi masyarakat di wilayah perbatasan seperti Natuna, dirasa penting.

Tujuannya agar negara tetangga tidak menganggap remeh. Dengan begitu akan aman dari gangguan asing. Misalnya di Natuna tidak akan terjadi maraknya pencurian ikan di laut Natuna.

Baca juga: Anggota DPR RI Cen Sui Lan Janji Perjuangkan Pembangunan di Natuna Kepri

Baca juga: Bupati Natuna Minta Pemerintah Pusat Percepat KEK Perikanan

"Jika perbatasan maju, baru segan negara tetangga," ucap Rhodial.

Ia menerangkan Pemerintah Kabupaten Natuna tidak mampu membangun infrastruktur dan perekonomian dengan menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

"APBD Natuna terbilang kecil, untuk itu membutuhkan bantuan provinsi dan pemerintah pusat," terangnya.

Sementara itu, Cen Sui Lan selaku anggota Komisi V DPR RI Dapil Kepri mendukung penuh agar KEK di Natuna bisa terwujud.

Menurutnya KEK di Natuna sangat menarik dan memang perlu diwujudkan. Untuk itu ia akan menyampaikan hal tersebut kepada pihak kementerian.

"Idenya sangat luar biasa, saya akan mendukung penuh agar bisa terwujud. Karena kita tahu Natuna itu memang mutiara yang harus kita jaga, dengan adanya KEK pertumbuhan ekonomi masyarakat juga pasi lebih bagus," pungkasnya. (Tribunbatam.id/Muhammad Ilham)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved