Breaking News:

PARIWISATA KEPRI AMAN

Pesona Air Terjun Temburun Anambas, Punya Bebatuan Bertingkat dan Pemandangan Laut Lepas

Air Terjun Temburun bentuknya sungguh unik, dihiasi batu-batuan besar yang bertingkat. Di sela-sela bebatuan itulah gemericik air tumpah ke laut lepas

tribunbatam.id/Noven Simanjuntak
pesona Air Terjun Temburun di Anambas 

ANAMBAS, TRIBUNBATAM.id - Kabupaten Kepulauan Anambas tidak hanya kaya akan wisata bahari dengan gugusan pulau-pulau di sepanjang lautnya. 

Lebih dari itu, wisata alam yang dimilikinya pun tak kalah memesona bila dibanding wilayah lain yang ada di Indonesia.

Di Kabupaten yang dibentuk pada tanggal 24 Juni 2008 ini, juga terdapat destinasi wisata Air Terjun Temburun 7 tingkat yang menjadi kebanggaan dan lazim bagi masyarakat yang didominasi suku Melayu.

Air Terjun Temburun bentuknya sungguh unik, dihiasi batu-batuan besar yang bertingkat. Letaknya berada di Pulau Siantan bagian Timur dan bermuara di Selat Peniting.

Di sela-sela bebatuan itulah gemercik air deras seolah tumpah dari ketinggian dan langsung menuju ke laut lepas.

Kawasan alamnya masih begitu asri, banyak dikelilingi berbagai pepohonan hijau hingga hutan tropis bakau (manggrove).

Untuk menuju lokasi tingkat ke tujuh, ada dua jalur pintu masuk yang dapat ditempuh. Yakni dari pintu masuk pertama gapura biru dengan rute jalan berkelok dan menanjak lebih kurang lebar 1,5 meter dengan rimbunan pohon hijau di sisi kiri dan kanan.

Namun rute yang satu ini sangat jarang dilalui pengunjung lantaran permukaannya yang berlumut dan bila hujan menjadi licin.

Sejumlah wisatawan berkunjung dan menikmati pemandangan puncak Air Terjun Temburun di Kabupaten Kepulauan Anambas, Sabtu, (5/3/2022).
Sejumlah wisatawan berkunjung dan menikmati pemandangan puncak Air Terjun Temburun di Kabupaten Kepulauan Anambas, Sabtu, (5/3/2022). (tribunbatam.id/Noven Simanjuntak)

Sedangkan jalur pintu masuk kedua, berada tepat di pinggir aspal samping puncak ke tujuh Air Terjun Temburun.

Meski jalan bebatuan bauksit dan sempit, akses ini yang paling banyak digunakan oleh pengunjung lantaran mudah dan tak membahayakan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved