Breaking News:

BERITA SINGAPURA

Masuk Singapura Tanpa Karantina Mulai 1 April 2022, Aturan Hampir seperti Sebelum Pandemi

Singapura mengizinkan turis masuk Singapura tanpa karantina. Namun wisatawan itu harus sudah mendapatkan vaksinasi Covid-19 lengkap.

Roslan RAHMAN / AFP
Seorang wanita berjalan melewati tanda-tanda yang menyatakan persyaratan vaksinasi Covid-19 untuk masuk ke mal di Raffles Place di Singapura pada 24 Maret 2022. 

TRIBUNBATAM.id - Singapura mengizinkan turis masuk Singapura tanpa karantina. Namun wisatawan itu harus sudah mendapatkan vaksinasi Covid-19 lengkap.

Aturan masuk Singapura tanpa karantina berlaku mulai 1 April 2022.

Saat aturan baru ini berlaku, Singapura juga menghapus semua jalur khusus untuk yang divaksinasi tanpa karantina (VTL).

Para wisatawan tidak lagi diharuskan hanya menggunakan penerbangan yang ditentukan untuk memasuki Singapura tanpa karantina.

Selain itu tidak perlu melakukan tes cepat antigen Covid-19 dalam waktu 24 jam setelah kedatangan.

Dilansir straitstimes,  semua wisatawan  yang divaksinasi Covid-19 dan anak-anak berusia 12 tahun ke bawah akan dapat memasuki Singapura hanya dengan tes Covid-19 pra-keberangkatan mulai pukul 23.59 pada tanggal 31 Maret.

Tidak akan ada lagi kuota jumlah kedatangan harian dan tidak ada persetujuan masuk yang diperlukan untuk semua pelancong yang divaksinasi.

Kebijakan perbatasan baru akan membuat pengalaman perjalanan hampir seperti itu sebelum pandemi.

Baca juga: Masuk Singapura Tanpa Karantina, Penggunaan Masker Opsional di Luar Ruangan

Skema perjalanan baru, yang diberi nama Vaccinated Travel Framework, akan menggantikan skema Vaccinated Travel Lane (VTL) yang ada.

Kementerian Kesehatan (MOH) mengatakan pada Kamis (24 Maret) bahwa tes pra-keberangkatan dua hari sebelum keberangkatan akan tetap dilakukan untuk saat ini.

"Kami akan terus memantau situasi Covid-19 lokal dan global dan mempertimbangkan untuk menghapus persyaratan tes pra-keberangkatan dalam beberapa minggu mendatang," kata Depkes.

Otoritas Penerbangan Sipil Singapura (CAAS) menegaskan akan beralih ke kerangka baru yang disederhanakan, yaitu kerangka perjalanan yang divaksinasi.

Seperti dikutip dari Channel News Asia, pada kerangka baru itu wilayah akan diklasifikasikan ke dalam dua kategori, perjalanan umum dan kategori terbatas.

Di bawah kerangka baru ini, semua wisatawan yang sudah divaksin Covid-19, termasuk anak-anak usia 12 tahun ke bawah, akan bisa masuk Singapura dengan hasil tes Covid-19 pra-keberangkatan mulai pukul 23.59 pada Kamis (31/3/2022).

Baca juga: HORE! Berlibur ke Malaysia Kini Tak Perlu Karantina Mulai 1 April 2022, Begini Syaratnya

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved