Breaking News:

DISKOMINFO LINGGA

Lestarikan Warisan Kerajinan Tudung Manto, Pemkab Lingga Cetak Para Pengrajin

Kerajinan tudung manto di Lingga ini masuk dalam Warisan Budaya Tak Benda, yang telah tercatat oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia

Penulis: Febriyuanda | Editor: Dewi Haryati
Disnakertrans Lingga untuk Tribun Batam
Seorang warga ikut pelatihan membuat tudung manto di Gedung Lembaga Adat Melayu, Kabupaten Lingga, Provinsi Kepri 

LINGGA, TRIBUNBATAM.id - Pemerintah Kabupaten atau Pemkab Lingga, Provinsi Kepri tampaknya sangat serius mempromosikan kerajinan tudung manto.

Seperti kegiatan baru-baru ini, Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Lingga membuat pelatihan membuat tudung manto di Gedung Lembaga Adat Melayu (LAM).

Kegiatan ini dimulai pada 15 Maret 2022 dan selesai pada 21 Maret lalu.

Para peserta dari kalangan wanita ini pun cukup telaten, dalam mempelajari kerajinan yang kini menjadi milik Kabupaten Lingga ini.

Kerajinan tudung manto ini juga masuk dalam Warisan Budaya Tak Benda, yang telah tercatat oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Disnakertrans Kabupaten Lingga, Sabirin mengucapkan terima kasih kepada Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Lingga, Maratusholiha.

Itu karena istri Bupati Lingga ini telah ikut berjibaku menyukseskan penyelenggaraan kegiatan pelatihan pengrajin tudung manto ini.

Ucapan terima kasih juga diberikan kepada senior, pelatih, dan pengerajin pemula yang telah berupaya ingin tetap menghidupkan dan melestarikan warisan budaya Melayu Lingga.

Baca juga: Istri Bupati Lingga Lirik Tudung Manto Hingga Batik Lingga, Garap Potensi UMKM

Baca juga: Melihat Warisan Budaya Melayu Tudung Manto, Kemenkumham Mengakui Haknya

Menurutnya, langkah pelatihan yang dibina oleh para pelatih ini kepada pengrajin sebagai bentuk meneruskan pelestarian tudung manto.

Sabirin mengatakan, tudung manto Kabupaten Lingga memiliki ciri khas dan sudah mendapat Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) dari Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM).

Halaman
123
Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved