Breaking News:

DISKOMINFO NATUNA

Bupati Natuna Wan Siswandi Minta Tradisi Muhibbah Ramadhan Tetap Lestari, Apa Itu?

Kabupaten Natuna memiliki tradisi yang tetap lestari saat Ramadan. Muhibbah Ramadhan namanya. Bupati pun meminta agar hal ini tetap lestari. Apa itu?

TribunBatam.id/Diskominfo Natuna
Bupati Natuna Wan Siswandi bersama Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Natuna mengunjungi masyarakat Kecamatan Pulau Tiga dan Pulau Tiga Barat saat menghadiri Muhibbah Ramadhan di Desa Sabang Mawang, Kecamatan Pulau Tiga, Minggu (10/4/2022). 

NATUNA, TRIBUNBATAM.id - Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) kaya akan tradisi budaya, selain dikenal akan daerah migas.

Saat bulan suci Ramadhan ini misalnya. Masyarakat Natuna khususnya di Kecamatan Pulau Tiga dan Pulau Tiga Barat menggelar sebuah tradisi yang sudah turun temurun dilaksanakan, tradisi 'Muhibbah Ramadhan' namanya.

Hal yang mencolok dalam kegiatan tradisi tersebut ialah, masyarakat di sana saling kunjung-mengunjungi dari desa satu ke desa lain atau dari jamaah masjid satu ke masjid yang lain.

Hal ini dilakukan dalam rangka mempererat tali silaturahmi.

Bupati Natuna Wan Siswandi menilai, tradisi seperti itu harus dijaga dan dilestarikan agar sampai kepada penerus daerah dan bangsa kedepannya.

Baca juga: Capai Restorative Justice, Wakil Ketua II DPRD Natuna Ajak Masyarakat Manfaatkan Kampung Adhyaksa

Baca juga: Warga Antusias Terima Booster, Polres Natuna Buka Gerai Vaksin Malam Hari saat Ramadhan

Bupati Natuna dan rombongan menuju Pulau tiga
Bupati Natuna Wan Siswandi bersama Kepala OPD Pemkab Natuna dan rombongan bertolak menuju Desa Sabang Mawang, Kecamatan Pulau Tiga, Minggu (10/4/2022)

"Tradisi ini harus dijaga sampai ke anak cucu, karena ini juga merupakan sebuah tradisi atau adat istiadat kita sebagai masyarakat Melayu, yang selalu menjaga tali silaturahmi," kata Wan Siswandi saat mengikuti kegiatan Muhibbah Ramadhan di Kecamatan Pulau Tiga dan Pulau Tiga Barat, Minggu (10/4/2022).

Kala itu, orang nomor satu di Natuna itu didampingi oleh Sekda Natuna, Boy Wijanarko dan Segenap Kepala OPD Pemerintah Daerah Natuna.

Pada kunjungan yang ke sekian kalinya di masa jabatannya itu, Wan Siswandi tampak akrab dan sangat berbaur dengan masyarakat dari dua kecamatan tersebut dalam rangka untuk mempererat tali silaturahmi dan saling bertukar pendapat terkait pembangunan daerah itu ke depan.

Muhibbah Ramadhan yang diikuti Bupati Natuna terlaksana di 11 masjid dan 2 surau yang ada di kedua kecamatan tersebut.

Dalam kegiatan tersebut, Wan Siswandi dan para pejabat teras Daerah Natuna berbaur dengan masyarakat sebelum akhirnya melaksanakan ibadah sholat magrib bersama di Masjid Al-Bayan Desa Sabang Mawang, Kecamatan Pulau Tiga.

Baca juga: Bupati Natuna Sambut Rombongan Kemenkomarves RI, Paparkan Sejumlah Usulan Pembangunan

Baca juga: Pos Satgas Pulau Sekatung Natuna Pulau Terluar Kepri Serba Terbatas, TNI Beri Atensi

Bupati Natuna ikuti Muhibbah Ramadhan di Desa Sabang Mawang
Bupati Natuna Wan Siswandi bersama rombongan saat mengikuti Muhibbah Ramadhan di Desa Sabang Mawang, Kecamatan Pulau Tiga, Minggu (10/4/2022).
Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved