Breaking News:

MUDIK 2022

ATURAN dan Syarat Mudik Lebaran 2022 dengan Pesawat, Kapal, Kereta Api dll, Bukan Cuma Vaksin Saja

Pemerintah mengeluarkan aturan perjalanan dalam negeri terbaru, termasuk bagi masyarakat yang ingin melaksanakan mudik Lebaran 2022. 

TRIBUNBATAM.id/NOVEN SIMANJUNTAK
Ratusan penumpang KM Bukit Raya mengantre panjang di ponton Kapal Pelabuhan Tarempa, Kabupaten Kepulauan Anambas, Minggu, (24/4/2022). - Foto: Ilustrasi mudik 

TRIBUNBATAM.id - Pemerintah mengeluarkan aturan perjalanan dalam negeri terbaru, termasuk bagi masyarakat yang ingin melaksanakan mudik Lebaran 2022. 

Aturan tersebut tertuang dalam Surat Edaran Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Nomor 16 Tahun 2022 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri pada masa pandemi Covid-19 yang diteken Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Letjen TNI Suharyanto tertanggal 2 April 2022. 

Dalam aturan tersebut, pelaku perjalanan dalam negeri (PPDN) yang telah mendapatkan vaksin dosis kedua, kini kembali diwajibkan menunjukkan hasil negatif rapid test antigen atau PCR. 

Syarat status vaksinasi bagi pemudik

Selengkapnya, berikut ini adalah ketentuan terbaru yang harus diikuti oleh pemudik:

Baca juga: Modal Tes Antigen dan PCR Saja Tak Laku! SIMAK Syarat Mudik Terbaru Naik Pesawat Terbang

Baca juga: JADWAL Kapal Roro KMP Senangin Rute Lingga-Batam-KualaTungkal PP Jelang Mudik Lebaran 2022

- PPDN yang telah mendapatkan vaksinasi dosis ketiga (booster) tidak wajib menunjukan hasil negatif tes RT-PCR atau rapid test antigen. 

- PPDN yang telah mendapatkan vaksinasi dosis kedua wajib menunjukkan hasil negatif rapid test antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 1 x 24 jam atau hasil negatif tes RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 3 x 24 jam sebelum keberangkatan sebagai syarat perjalanan.

- PPDN yang telah mendapatkan vaksinasi dosis pertama wajib menunjukan hasil negatif tes RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 3 x 24 jam sebelum keberangkatan sebagai syarat perjalanan.

- PPDN dengan kondisi kesehatan khusus atau penyakit komorbid yang menyebabkan pelaku perjalanan tidak dapat menerima vaksinasi wajib menunjukan hasil negatif tes RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 3 x 24 jam sebelum keberangkatan sebagai persyaratan perjalanan. Dan, persyaratan wajib melampirkan surat keterangan dokter dari rumahsakit pemerintah yang menyatakan bahwa yang bersangkutan belum dan/atau tidak dapat mengikuti vaksinasi Covid-19.

- PPDN dengan usia di bawah 6 tahun dikecualikan terhadap ketentuan vaksinasi dan tidak wajib menunjukan hasil negatif tes RT-PCR atau rapid test antigen. Namun, wajib melakukan perjalanan dengan pendamping perjalanan yang telah memenuhi ketentuan vaksinasi dan pemeriksaan Covid-19 serta menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Namun, khusus untuk perjalanan rutin dengan transportasi darat (pibadi atau umum) dan kereta api kawasan aglomerasi perkotaan dapat dikecualikan oleh aturan tersebut.

Baca juga: Jadi Syarat Mudik 2022, Simak Cara Benar Mengisi e-HAC di Aplikasi PeduliLIndungi Sebelum Bepergian

Baca juga: Simak Syarat dan Aturan Naik Pesawat Garuda Indonesia dan Citilink saat Mudik Lebaran 2022

Protokol kesehatan bagi pemudik

Protokol kesehatan saat perjalanan PPDN diwajibkan untuk menerapkan dan mematuhi protokol kesehatan 3M, yakni memakai masker, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan selama melakukan perjalanan domestik.

Selain itu juga harus mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan hand sanitizer.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved