Breaking News:

LEBARAN 2022

Toko dan Kios di Anambas Masih Tutup,Sebagain Pedagang Merayakan Idulfitri di Pulau-pulau

Memasuki hari kedua Idulfitri, Selasa, (3/5/2022) suasana kawasan pasar Inpres Tarempa sepanjang Jalan Hangtuah terlihat sepi. 

Tribunbatam.id/Noven Simanjuntak
Tutup - memasuki hari kedua Idulfitri sejumlah toko dan warung masih tutup di kawasan Pasar Tarempa, Selasa, (3/5). --oko tutup selama hari raya 

TRIBUNBATAM.id, ANAMBAS - Memasuki hari kedua Idulfitri, Selasa, (3/5/2022) suasana kawasan pasar Inpres Tarempa sepanjang Jalan Hangtuah terlihat sepi. 

Aktivitas ekonomi para pedagang dan pembeli tampak lengang dipusat perbelanjaan itu, begitu juga intensitas kendaraan yang berlalu lalang terasa lengang dan sepi. 

Penelusuran Tribunbatam.id di lapangan, kondisi itu terjadi lantaran tutupnya hampir semua toko dan warung sembako serta bumbu dapur para pedagang.

Terlalu sepinya suasana itu, para pengunjung dan pembeli pasar pun dapat dihitung jari.

Baca juga: Pipa Air Terputus Air Genangi Jalan Kampung Baru Anambas, Kadis PU Benarkan Sambungan Terputus

Meski demikian di Pasar Inpres Tarempa masih terlihat beberapa pedagang kebutuhan dapur yang berjualan.

Bila diperkirakan hanya ada 5 kios yang berjualan barang kebutuhan dapur seperti sayuran, cabai, telur tempe dan sebagainya.

"Setiap tahunnya saat lebaran memang toko dan warung di kawasan pasar Tarempa tutup. Itu sudah bagian dari tradisi sini," ujar Amiruddin seorang tukang ojek pangkalan.

Ia mengungkapkan, banyak warga Kecamatan Siantan khususnya Tarempa yang merayakan Idul Fitri begitu juga di pulau-pulau.

Baca juga: Warga Anambas Nikmati Pesona Pulau Temawan di Hari Kedua Libur Lebaran

Lebih lanjut dijelaskannya, baik pedagang muslim dan non muslim akan kompak untuk menutup usahanya selama lebaran berlangsung hingga beberapa hari ke depan.

"Kalau pedagang non muslim tutup itu karena menghargailah, jadi nanti bukanya bisa di hari keempat atau kelima," terangnya lagi.

Dampak dari kondisi itu ternyata berimbas pada penghasilan pria yang akrab disapa Amir itu. Orderan belanja barang serta penumpang ojekannya turut menjadi sepi.

Baca juga: Kapolres Bintan Pantau Pengunjung di Pantai Trikora 3, Minta Pengelola Awasi Penerapan Prokes

"Ya beberapa hari ke depan pasti sepi lah, jarang ada orderan barang dan penumpang pasar juga satu-satu," jelasnya.

Meski begitu Amir mengaku dapat memakluminya,  karena , kondisi itu, lazim terjadi setiap tahunnya di Tarempa.

"Situasi begini kita gak heran lagi bang, sudah biasa terjadi tiap tahunnya. Paling hanya ada beberapa kios aja yang buka, paling tidak ada lah sedikit orderan barang konsumen yang bisa saya antar," tukasnya. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved