Breaking News:

ANAMBAS TERKINI

Nasib Tarian Gobang Pulau Mengkait Anambas di Era Serba Digital

Pulau Mengkait memiliki tarian Gobang yang mencoba bertahan dari gempuran arus globalisasi. Bagaimana warga di sana mempertahankannya?

TribunBatam.id/Novenri Halomoan Simanjuntak
Potret Pulau Mengkait, Kecamatan Siantan Selatan, Kabupaten Kepulauan Anambas dari kejauhan dengan hamparan kapal kayu tempel (pompong) nelayan yang terparkir indah di pinggir dermaga, Rabu, (4/5/2022). 

ANAMBAS, TRIBUNBATAM.id - Rabu, (4/5/2022) pagi, cuaca langit Anambas terasa begitu cerah.

TribunBatam.id sepakat bertemu di Pelabuhan Suncai, Kelurahan Sri Tanjung untuk melakukan penjelajahan ke Pulau Mengkait, Kecamatan Siantan Selatan.

Jarak tempuh dari pusat kota Tarempa ke Pulau Mengkait terhitung lebih kurang 3,4 Mil dengan menggunakan transportasi kapal kayu tempel akan memakan waktu lebih kurang 2,5 jam.

Sedangkan bila menaiki speed boat memakan waktu lebih kurang 1,5 jam.

Kami pun menumpang pada salah satu kapal kayu mesin tempel (pompong) milik seorang nelayan yang kemudian kami ketahui adalah warga Pulau Mengkait bernama Taba.

Selama perjalanan ombak laut tampak begitu tenang dan bersahabat.

Baca juga: Potret Kehidupan Nelayan Pulau Mengkait Anambas, Berharap Dapat Bantuan Radio Pemerintah

Baca juga: Waiting for Long Since becoming a Regency, Mengkait Village Anambas Can Finally Enjoy 4G Services

Kami pun memilih duduk di buritan kapal bersama Dani dan Tam yang sedari sebelumnya tengah menyantap nasi bungkus belanjaannya dengan lahap.

Dari kejauhan saat hampir mendekati Pulau Mengkait, pasang mata kami dibuat takjub dengan susunan batu-batu berukuran besar yang tak begitu luas tersusun menyerupai gundukan.

Di belakangnya puluhan hingga ratusan hamparan kapal kayu tempel milik nelayan terparkir di atas lautan hijau bening terlihat indah tepat di pinggir dermaga.

Pulau yang berdampingan dengan Pulau Temiang dan Pulau Kiabu ini ditempati oleh masyarakat suku laut yang dominan beragama Kristen dan Katolik.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved