Breaking News:

DISKOMINFO NATUNA

Jumlah Penumpang Naik 70 Persen, Arus Balik di Natuna Masih Kondusif

Arus balik lebaran jumlah penumpang KMP Bahtera Nusantara 01 mengalami peningkatan hingga 70 persen. Namun demikian, kondisi arus balik masih kondusif

Penulis: Muhammad ilham | Editor: Tri Indaryani
TRIBUNBATAM.id/Muhammad Ilham
Arus balik lebaran 1443 Hijriah di Natuna terpantau kondusif. Pemkab Natuna dan Kepala FKPD lakukan pengecekan penumpang Kapal RoRo KMP Bahtera Nusantara 01 yang turun dan naik di Pelabuhan Penagi, Kecamatan Bunguran Timur, Kabupaten Natuna, pada Sabtu (7/5/2022). 

NATUNA, TRIBUNBATAM.id - Arus balik Idul Fitri 1443 Hijriah di Natuna terpantau kondusif. Ini terlihat dari tertibnya penumpang Kapal RoRo KMP Bahtera Nusantara 01 yang turun dan naik di Pelabuhan Penagi, Kecamatan Bunguran Timur, Kabupaten Natuna, Sabtu (7/5/2022).

Guna memastikan arus balik lebaran tahun ini berjalan lancar dan aman, Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna dalam hal ini Sekretaris Daerah (Sekda) Boy Wijanarko bersama Kepala Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Natuna melakukan monitoring dan pengecekan di Pelabuhan Penagi.

Pemantauan ini dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan arus balik lebaran 1443 Hijriah.

Diketahui pada saat mudik dan arus balik lebaran jumlah penumpang KMP Bahtera Nusantara 01 mengalami peningkatan hingga 70 persen.

Hal tersebut dibenarkan oleh Kepala UPT. Penyelengara Pelabuhan Wilayah IV Kabupaten Natuna dan Anambas, Dinas Perhubungan Provinsi Kepulauan Riau, Muhammad Fadhal.

Menurutnya tingginya lonjakan penumpang Kapal Roro diakibatkan kerinduan masyarakat yang hendak lebaran bersama keluarga.

"Sudah 2 tahun masyarakat tidak diperbolehkan mudik karena virus Corona, sementara pada tahun ini pemerintah telah mengizinkan masyarakat untuk mudik sehingga lonjakan penumpang pun tarjadi," kata Fadhal kepada TRIBUNBATAM.id.

Baca juga: Alasan Warga Natuna Pilih KMP Bahtera Nusantara 01 Jadi Transportasi Arus Balik Lebaran

Baca juga: Bupati Natuna Kunjungi Warga Subi Hari Ketiga Lebaran, Beri Santunan untuk Anak Yatim

Saat proses turun naik penumpang di Pelabuhan Penagi, ratusan penumpang dilakukan pengecekan suhu tubuh hingga sertifikat vaksinasi dosis ketiga atau surat keterangan negatif antigen yang merupakan salah satu syarat melakukan perjalanan dalam negeri.

Koorsabpel Matak dan Penagi, Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah IV (Riau dan Kepri) Saleh saat memantau proses pembelian tiket di Loket Penjualan Tiket di Pelabuhan Penagi, Kecamatan Bunguran Timur, Kabupaten Natuna, Sabtu (7/5/2022).
Koorsabpel Matak dan Penagi, Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah IV (Riau dan Kepri) Saleh saat memantau proses pembelian tiket di Loket Penjualan Tiket di Pelabuhan Penagi, Kecamatan Bunguran Timur, Kabupaten Natuna, Sabtu (7/5/2022). (TRIBUNBATAM.id/Muhammad Ilham)

"Hari ini ada kapal KMP Bahtera Nusantara 01 membawa ratusan penumpang dan barang di Pelabuhan Penagi, kita memantau agar penumpang yang turun dan naik berjalan lancar agar masyarakat bisa merasa nyaman dan aman," kata Sekda Boy usai mengecek penumpang turun dan naik.

Diketahui, kapal RoRo KMP Bahtera Nusantara 01 merupakan kapal perintis yang berlayar antar pulau di wilayah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) dan Kalimantan Barat. Selanjutnya kapal itu akan lanjut berlayar menuju Pulau Subi, Serasan dan Sintete di Kalimantan Barat dan melalui rute yang sama menuju Tanjung Uban di Kabupaten Bintan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved