Breaking News:

DISKOMINFOTIK ANAMBAS

Dinkes Anambas Minta Orang tua Waspada Bahaya Hapatitis Akut, Jangan Anggap Remeh!

Dinas kesehatan Anambas meminta orang tua mewaspadai bahaya hepatitis akut yang menyerang anak-anak.

TribunBatam.id/Novenri Halomoan Simanjuntak
Kepala Bidang Pecegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Anambas, Rangga saat ditemui di ruang kerjanya, Senin, (9/5/2022. 

ANAMBAS, TRIBUNBATAM.id - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kepulauan Anambas menyarankan kepada setiap orang tua untuk memperhatikan kesehatan anak-anaknya di tengah munculnya penyakit Hepatitis Akut.

Saran itu disampaikan langsung oleh Kepala Bidang Pecegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Anambas, Rangga, Senin, (9/5/2022) di ruang kerjanya.

Menurutnya, pola kebersihan lingkungan rumah dan mengkonsumsi makanan sehat menjadi kunci pencegahan penyakit tersebut terhadap anak.

"Jadi perlu kita ingatkan kepada masyarakat agar lebih menjaga kesehatan diri dengan rajin mencuci tangan di air mengalir, konsumsi makanan yang dimasak, selain itu tidak makan dan minum dengan wadah yang sama," ujarnya.

Dirinya pun meminta kepada masyarakat, khususnya orang tua untuk tidak menganggap sepele penyakit yang telah dinyatakan Kejadian Luar Biasa (KLB) oleh WHO ini.

Baca juga: Pemkab Anambas Belum Gelar Apel Gabungan Perdana, Wabup: Kami Beri Dispensasi

Baca juga: Banyak Warga Makan Daging. Harga Ikan di Anambas Masih Stabil

"Kenali gejalanya dan untuk sementara jangan bawa anak ke tempat keramaian seperti kolam berenang, play ground dan awasi jajanan mereka apabila di sekolah," sebutnya.

Ia merincikan, ciri-ciri gejala hepatitis akut yang menyerang anak-anak di bawah usia 16 tahun ialah demam tinggi, warna urine menjadi serupa air teh, kotoran yang pucat, bola mata hingga telapak tangan menguning, mual dan muntah hingga menurunnya kesadaran.

"Sampai sekarang juga belum diketahui asal muasal penyebab timbulnya penyakit ini, karena kalau haptitis biasanya kan ada golongan A, B, C nya, tapi kalau ini gak ada," terangnya.

Namun demikian pihaknya, tetap melakukan pengawasan untuk mengontrol penyebaran kasus tersebut.

"Jadi hari ini kami sudah layangkan surat ke setiap fasilitas kesehatan seperti puskesmas yang ada di Anambas untuk nantinya dapat memberikan laporan dan penanganan cepat tanggap apabila menemukan gejala tersebut," paparnya.

Terakhir, Rangga juga mengimbau kepada setiap orang tua untuk segera merujuk anaknya apabila terindikasi gejala hepatitis ke Rumah Sakit atau Puskesmas terdekat.

Baca juga: Toko dan Kios di Anambas Masih Tutup,Sebagain Pedagang Merayakan Idulfitri di Pulau-pulau

Baca juga: SALAT Id Bersama Warga Anambas di Masjid Agung Baitul Makmur, Begini Pesan Bupati Abdul Haris

"Penyebaran pasien hepatitis akut ini cepat karena yang diserang hati atau liver, untuk itu perlu penanganan yang cepat," tukasnya.(TribunBatam.id/Noven Simanjuntak)

Baca juga Berita TribunBatam.id lainnya di Google

Berita Tentang Anambas

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved