Breaking News:

Ketuk Palu, DPRD Sahkan Ranperda Penanggulangan Bencana dan Hari Jadi Bintan

Wakil Ketua I DPRD Bintan, Fiven Sumanti menegaskan, rapat paripurna terkait Ranperda Penanggulangan Bencana dan Hari Jadi Bintan telah kuorum

Penulis: Alfandi Simamora | Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/Alfandi Simamora
Wakil Ketua I DPRD Bintan, Fiven Sumanti 

BINTAN, TRIBUNBINTAN.com - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bintan mengesahkan Ranperda Penanggulangan Bencana dan Hari Jadi Bintan, dalam rapat paripurna, Selasa (17/4/2022).

Meski 10 orang dari total 25 anggota DPRD Bintan tak hadir dalam rapat paripurna perdana usai lebaran itu, Wakil Ketua I DPRD Bintan, Fiven Sumanti menegaskan, jalannya rapat paripurna tetap sah.

“Soalnya untuk menetapkan sebuah paripurna, harus kuorum 2/3. Insya Allah dengan 15 orang yang hadir, penetapan Ranperda sudah dinyatakan sah,” jelasnya.

Ada pun 10 anggota dewan yang tak hadir itu telah memberitahukan alasannya.

"Di antaranya ada 5 orang sakit dan 5 orang izin. Kalau yang izin, ada alasan acara anak wisuda dan acara keluarga. Jadi kita maklumi," ucapnya.

Sementara itu, terkait Ranperda Hari Jadi Bintan, Fiven menyampaikan sudah ditetapkan tanggal 1 Desember 2022.

“Jadi setelah kita melaksanakan sidang paripurna, maka Kabupaten Bintan sudah resmi mempunyai hari jadi. Dengan ketetapan yang telah disepakati pada 1 Desember 1948 sebagai rujukan awal dalam penentuan Hari Jadi Bintan,"

"Sehingga untuk tahun 2022, insyallah nanti di tanggal 1 Desember kita akan peringati Hari Jadi Bintan yang ke-74 tahun,” terangnya.

Baca juga: Usai Lebaran, 10 Anggota DPRD Bintan Bolos Rapat Paripurna

Baca juga: Jelang Idul Adha, Tanjungpinang dan Bintan Terancam Krisis Stok Sapi dan Kambing

Ia melanjutkan alasan mengapa peringatan Hari Jadi Bintan langsung 74 tahun, padahal baru ditetapkan tahun 2022.

DPRD Bintan ingin mengakomodir semua kejadian sejarah Pemerintahan yang ada di Kabupaten Bintan yang dulunya merupakan Kabupaten Kepulauan Riau.

Kemudian terbentuknya Provinsi Kepri, sehingga Bintan menjadi Kabupaten Bintan.

“Mudah-mudahan dengan ditetapkan hari jadi ini Kabupaten Bintan mendapat jati dirinya untuk kemajuan, baik itu budaya dan sejarah Melayu maupun di bidang pariwisata,” tutupnya.(tribunbatam.id/Alfandi Simamora)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved