Breaking News:

ANAMBAS TERKINI

STOK Ikan di Pasar Tarempa Anambas Menipis, Ini 2 Faktor Pemicunya

Jumlah stok ikan di Pasar Tarempa Anambas mulai menipis. Menurut pedagang di Pasar tersebut, ada dua faktor pemicunya. Apa saja?

TRIBUNBATAM.id/NOVEN SIMANJUNTAK
Suasana Pasar Ikan Tarempa sepi dari pengunjung, pasokan ikan tampak sedikit di meja lapak para pedagang 

ANAMBAS, TRIBUNBATAM.id - Ketersediaan ikan yang dijual oleh para pedagang di Pasar Ikan Tarempa, Jalan Ahmad Yani, Kabupaten Kepulauan Anambas, mulai mengalami penurunan.

Seperti pantauan Tribunbatam.id di lokasi, Rabu, (18/5/2022), terdapat sejumlah lapak meja keramik dagangan yang terlihat kosong dari tumpukan ikan biasanya.

Sementara meja lapak yang lain masih terlihat buka namun dengan pasokan jumlah ikan yang sedikit.

Selain itu, suasana pasar ikan juga terasa sepi, hanya terlihat dua sampai tiga pengunjung kaum ibu yang tengah memilih-milih ikan dan bertanya jawab dengan pedagang.

Salah seorang pedagang ikan, Lokmua menjelaskan, berkurangnya pasokan ikan laut di pasar ikan Tarempa lantaran faktor bulan terang dan cuaca angin laut.

"Kalau bulan terang dan angin begini, nelayan banyak yang tak turun mancing. Kalau pun ada yang pergi melaut dapatnya cuma sedikit aja," ujarnya.

Baca juga: Cara Gampang Cek Sertifikat Tanah Secara Online, Gak Perlu Repot ke Kantor BPN

Ia mengungkapkan, meski hasil tangkapan nelayan sedikit, ikan-ikan tersebut nantinya tetap dibeli dan dikumpulkannya di meja lapak untuk dijual.

"Ya kalau pasokannya sedikit, pendapatan kita juga sedikit dan sulit lah bang. Itu pun kadang ikan kita setelah tiga hari gak segar lagi, mau gak mau kita jual murah kalau tak laku juga kita jadikan ikan asin lah," sebutnya.

Lagi diterangkan Lokmua, kondisi bulan terang dan cuaca buruk tersebut sudah biasa dialaminya dan juga para pedagang ikan lainnya. 

"Sebagai nelayan dan juga pedagang ikan sudah biasa kita bang, karena hasil tangkapan itu juga gak menentu. Nanti kalau udah masuk tanggal 20 an ke atas bulan gelap dan biasanya pasokan ikan banyak," jelasnya.

Meski pasokan ikan laut terbatas, harga jual yang ditetapkan oleh pedagang masih stabil dan normal sebagaimana biasanya dibeli para pengunjung.

"Kalau harga ikannya masih normal kok, seperti ikan manyuk 2 ekor yang besar begini Rp 50 ribu, tongkol dengan berat kira-kira 2 kg Rp 50 ribu, ikan selar 4 ekor kira-kira 500 ons Rp 25 ribu, ikan selar pisang seikat Rp 25 ribu, lalu ikan jebung 3 ekor Rp 25 ribu, ikan karang seikat juga Rp 25 ribu," katanya. (TRIBUNBATAM.id/Noven Simanjuntak)


 

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved