Breaking News:

DISKOMINFOTIK ANAMBAS

Ikut Sosialisasi BPKP Kepri, Pemkab Anambas Diminta Lapor Perkembangan P3DN

Sekda Anambas Sahtiar sebut, sosialisasi yang digelar BPKP Kepri untuk informasikan secara detail proses penginputan laporan P3DN pakai aplikasi

tribunbatam.id/Noven Simanjuntak
Sekretaris Daerah Anambas, Sahtiar bersama Asisten 2 Bagian Barang dan Jasa, PPKOM OPD dan Inspektorat mengikuti sosialisasi Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) oleh BPKP Provinsi Kepri 

ANAMBAS, TRIBUNBATAM.id - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) saat ini tengah diminta oleh BPKP Provinsi Kepri untuk melaporkan perkembangan implementasi Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN).

Melalui sosialisasi yang digelar secara virtual, Jumat (27/5/2022), kegiatan itu dihadiri langsung oleh Sekretaris Daerah, Asisten 2 Bagian Barang dan Jasa, PPKOM OPD serta Inspektorat wilayah Anambas.

"Jadi kita saat ini diminta untuk menginput laporan peningkatan penggunaan produk dalam negeri yang ada di Kabupaten Kepulauan Anambas," ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Anambas, Sahtiar.

Ia menjelaskan, sosialisasi yang diberikan oleh BPKP Provinsi Kepri itu guna menginformasikan secara detail proses penginputan laporan dengan menggunakan aplikasi.

"Programnya baru tahun inilah, makanya agar tidak terjadi kesalahan dalam menginput, maka dilakukan sosialisasi pola pelaporannya secara detail dari tim P3DN," jelasnya.

Diungkapkan oleh Sahtiar, bahwa beberapa waktu sebelumnya, pihaknya telah mengadakan rapat internal bersama PPKOM OPD dan Bagian Barang dan Jasa untuk membahas proses pengisian komitmen tersebut.

"Hari Rabu (25/5/2022) yang lalu saya sudah pimpin rapat bahas penginputan laporan itu di internal, karena adanya surat masuk dari BPKP Kepri dan sosialisasi ini bagian lanjutannya," sebutnya.

Sosialisasi tersebut lanjutnya, sebagai upaya bimbingan teknis agar dapat mengantisipasi aapabila terjadi kendala dalam penginputan laporan P3DN.

Baca juga: Stok Telur Ayam Kosong, Disperindag Anambas Koordinasi ke Tanjungpinang

Baca juga: Disdukcapil Anambas Terapkan Aturan Baru Mendagri, Nama Minimal 2 Kata

Untuk itu, pihaknya pun saat ini juga tengah menyusun Surat Keputusan pelaksana P3DN tersebut.

"Nanti laporan itu akan diinput oleh Admin dan diserahkan ke Inspektorat, karena laporannya harus diupload setiap hari Jumat," paparnya.

Terakhir Sahtiar menerangkan, sebagaimana Instruski Presiden No 2 Tahun 2022, pengutamaan dan percepatan penggunaan produk dalam negeri, serta penggunaan produk UMK dan Koperasi dari hasil produk dalam negeri mulai dari perencanaan, pengalokasian dan realisasi pengadaan barang/jasa pemerintah.

"Program ini diperuntukkan untuk semua pemerintah daerah Kabupaten/Kota di Kepri, dengan tujuan agar kita ini cinta akan produk-produk dalam negeri," tukasnya. (Tribunbatam.id/Noven Simanjuntak)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved