Breaking News:

Diskominfotik Anambas

Intip Persiapan Jaringan Internet, Menjelang MTQ IX Tingkat Provinsi Kepri pada Juli Mendatang

MTQ ke-IX Tingkat Provinsi Kepulauan Riau akan berlangsung ada tanggal 14 - 19 Juli 2022

Ist
Fokus Persiapkan Jaringan Internet Akses Data Demi Mendukung Suksesnya MTQ IX Tingkat Provinsi Kepri Bersama Telkom Dan Telkomsel 

TRIBUNBATAM.id, ANAMBAS – Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kabupaten Kepulauan Anambas Japrizal, telah mengadakan rapat lintas sektor dalam rangka persiapan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke - IX Tingkat Provinsi Kepulauan Riau yang telah dijadwalkan melalui Surat resmi Gubernur Kepulauan Riau akan berlangsung ada tanggal 14 Juli sampai dengan 19 Juli 2022 mendatang. 

Japrizal mengatakan bahwa berdasarkan SK Bupati tentang Pelaksanaan MTQ Ke -  IX tingkat Provinsi Kepulauan Riau, dimana Kabupaten Kepulauan Anambas merupakan tuan rumah pelaksanaan MTQ Tingkat Provinsi Kepulauan Riau tahun 2022 yang berpusat di Masjid Agung Baitul Ma'mur Anambas, Dinas Kominfo dan Statistik dalam SK tersebut ditunjuk bertindak sebagai koordinator Publikasi, Liputan, Pemberitaan dan kebutuhan akses sinyal. 

Disamping itu Japrizal juga menjelaskan mengenai hal tersebut, tahapan-tahapan kesiapan telah dan sedang digesa demi mesukseskan pelaksanaan MTQ Tingkat Provinsi di Kabupaten Kepulauan Anambas.

"Mengenai kebutuhan akses Telekomunikasi, kami sudah berkoordinasi terkait permasalahan sinyal dengan pihak yang menanganinya seperti Telkom dan Telkomsel," sebutnya.

Permasalahan kesiapan sinyal saat ini merupakan kewenangannya operator seluler untuk memenuhui kebutuhan akses komunikasi baik akses data maupun voice, jelas Japrizal.

Selain itu, Kadis Kominfo dan Statistik juga menegaskan bahwa Koordinasi sudah dan terus  dilakukan, baik melalui Video Conference maupun pertemuan secara langsung, ungkapnya. 

Tujuan dilakukan koordinasi tersebut  dalam rangka kolaborasi bersama Telkom dan Telkomsel dalam memperkuat akses telekomunikasi demi memenuhi kebutuhan sinyal diseluruh wilayah Kabupaten Kepulauan Anambas, terutama dititik lokasi tempat berlangsungnya penyelenggaraan MTQ Ke- IX Tingkat Provinsi Kepuluan Riau yaitu di Masjid Agung Baitul Ma'mur. 

“Kebutuhan-kebutuhan yang diusulkan  telah disampaikan termasuk penambahan yang sedang dan telah dibangun oleh Telkomsel seperti di wilayah Jemaja dan beberapa Desa di Palmatak, dimana  sudah ada titik lokasi yang terbangun dan sedang dalam proses peningkatan. Meskipun terdapat beberapa daerah yang belum terakomodir, akan tetapi sudah disampaikan dan diusulkan penambahannya," jelas Japrizal.

Selanjutnya, Kepala Dinas Kominfo dan Statistik juga menjelaksan bahwa kapasitas sinyal saat ini, jika tidak di up kapasitasnya maka dikhawatirkan tidak akan mampu menampung banyaknya pengguna yang nantinya akan hadir pada kegiatan MTQ

Dari hasil pemetaan dan rapat yang telah dilakukan, khusus di Masjid Agung dan Tarempa, jika kapasitasnya tidak ditambah maka tidak akan mampu menampung pengguna internet seramai itu.

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved