Breaking News:

Natuna Kirim 121 Ekor Sapi ke Ibu Kota Kepri, Penuhi Kebutuhan untuk Idul Adha

Kepala UPTD Puskeswan DPKP Natuna Mizwan memperkirakan pengiriman hewan kurban dari Natuna ke daerah Kepri akan bertambah. Lantaran ada wabah PMK

Penulis: Muhammad ilham | Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/Muhammad Ilham
Sebanyak 121 ekor sapi siap dikirim ke Tanjungpinang, melalui Pelabuhan Penagi, Kecamatan Bunguran Timur, Kabupaten Natuna, Selasa (7/6/2022) 

NATUNA, TRIBUNBATAM.id - Di tengah merebaknya wabah Penyakit Kuku dan Mulut (PMK), Kabupaten Natuna termasuk andalan Kepri untuk memenuhi kebutuhan sapi pada Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah tahun 2022.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Natuna, Mizwan mengatakan, populasi sapi di Natuna cukup banyak.

Ada sekitar 10 ribu ekor sapi yang tersebar di pulau-pulau daerah perbatasan. Dengan stok ribuan itu, Natuna menjadi pemasok hewan kurban di wilayah Kepri sejak beberapa tahun belakangan ini.

Namun sejak tiga tahun terakhir, stok sapi yang dikirim sedikit mengalami penurunan.

Pada tahun 2022 ini, Natuna mengirimkan sebanyak 121 ekor sapi ke Ibu Kota Kepri, Tanjungpinang melalui jalur laut. Ratusan ekor sapi itu dikirim Selasa (7/6/2022) sore.

"Sore ini ada 121 ekor sapi jenis Bali yang akan dikirim ke Tanjungpinang menggunakan kapal kargo," kata Mizwan kepada Tribunbatam.id, di Pelabuhan Penagi, Kecamatan Bunguran Timur.

Meski begitu, menurutnya eksportir hewan kurban untuk Idul Adha 1443 Hijriah ini tidak menutup kemungkinan akan bertambah. Sebab saat ini sedang marak virus PMK.

"Seperti di Batam, biasanya sapi kurbannya didatangkan dari Lampung. Karena di sana banyak sapi yang mengidap virus PMK, tidak tertutup kemungkinan orang di Batam akan meminta sapi dari kita," jelasnya.

Baca juga: Stok Daging Sapi di Natuna Mulai Langka Sejak Seminggu Terakhir, Lapak Jualan Terancam Tutup

Baca juga: Waspada PMK, Bintan Siapkan Lokasi Karantina untuk Hewan Kurban dari Luar Kepri

Menurut data yang mereka miliki, populasi sapi di Natuna sebanyak 10.198 ekor dan untuk konsumsi sapi per tahunnya sebanyak 1.000 ekor.

"700 ekor untuk kurban sekali setahun sedangkan 300 total jumlah konsumsi per hari masyarakat selama setahun. Untuk per harinya pemotongan yang dilakukan sebanyak 1-2 ekor," ujarnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved