Breaking News:

TRIBUN PODCAST

JELANG Pemilu 2024, KPU Kepri Ungkap Tahapan dan Aturan Terbaru

Ketua KPU Kepri Sriwati mengungkapkan tahapan-tahapan dan aturan terbaru yang akan diterapkan saat Pemilu 2024 mendatang. Apa saja aturan baru itu?

Penulis: Febriyuanda | Editor: Tri Indaryani
ISTIMEWA
Ketua KPU Kepri Sriwati mengungkapkan tahapan-tahapan dan aturan terbaru yang akan diterapkan saat Pemilu 2024 mendatang saat menjadi narasumber Tribun Podcast, Jumat (1/7/2022). 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Event Politik Nasional yakni Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 semakin dekat.

Berbagai persiapan untuk menyambut pesta demokrasi itu sudah dilakukan agar semua berjalan lancar.

Tak terkecuali oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang memang memiliki tugas mempersiapkan berbagai keperluan Pemilu.

Nah, kali ini, TRIBUNBATAM.id mengundang Ketua Komisi Pemilihan Umum atau KPU Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Sriwati dalam bincang Tribun Podcast (TRIPOD) di Kantor Tribun Batam, Rabu (29/6/2022).

Berikut ini bincang-bincang Tribun Batam (TB) dan Sriwati (Sw) : 

TB: Berbicara tentang tahapan-tahapan Pemilu 2024 banyak masyarakat yang belum mengetahui karena aturan baru yang telah diterapkan sejak beberapa hari lalu. Jadi saat ini saya meminta penjelasan ibu terkait PKPU ini, silahkan.

Sw: Pemilu 2024 sudah dimulai di-launching tanggal 14 Juni 2022. Sejak itu kita sudah melaksanakan tahapan dan tahapan ini akan berlangsung sampai nanti 14 Februari 2024.

Maka sesuai UU 7 tahun 2017 itu ada beberapa tahapan, mulai dari penyusunan peraturan perundang-undangan atau terkait PKPU itu sudah berlaku sampai Desember 2023.

Tahapan ini yang pertama pemutahiran data pemilih, itu berlangsung pada 14 Oktober 2022. Kemudian dilanjutkan dengan verifikasi partai politik di Juli 2022 dan penetapan peserta Pemilu di bulan Desember 2022. 

TB: Ada beberapa komisioner baik di provinsi maupun kota, mereka katakan bahwa pemutahiran data sudah mulai dilakukan oleh komisioner atau penyelenggara sambil menunggu tahapan resmi itu keluar. Itu bagaimana, apakah dilanjutkan atau memulai baru lagi setelah tahapan ini disahkan?

Sw: Jadi begini, kita mempunyai program pemutahiran data pemilih berkelanjutan, itu memang dilakukan per semester. Kabupaten melaksanakan, provinsi melaksanakan, dan nasional melaksanakan. Jadi satu tahun itu ada dua kali per semester atau per 6 bulan.

Jadi update baru misalnya terkait pemilih pemula, kan itu banyak. Pemilih pemula setiap bulan pasti kemungkinan ada, itu pun menjadi update kita.

TB: Tahapan pertama yang sedang berjalan ini apa, buk?

Sw: Tahapan sosialisasi, tahapan dan jadwal untuk Pemilu 2024. Sebenarnya sebelum jadwal ini disosialisasikan, kemarin kita sempatkan launching untuk hari dan tanggal pemungutan suara 14 Februari 2024, kemudian sekarang masuk tahapan di 14 Juni kemarin

Halaman
123
Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved