Breaking News:

KARIMUN TERKINI

Bawaslu Karimun Siap Kawal Jalannya Tahapan Pemilu 2024, Gelar Apel Bersama KPU

Ketua Bawaslu Karimun Nurhidayat bilang, apel ini merupakan bentuk kesiapan Bawaslu dalam mengawal jalannya tahapan pemilu 2024

Penulis: Yeni Hartati | Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/Yeni Hartati
Bawaslu Karimun dan KPU gelar apel kesiapan pengawasan tahapan pemilu 2024, Rabu (6/7/2022) 

KARIMUN, TRIBUNBATAM.id - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karimun gelar apel kesiapan pengawasan tahapan pemilu, Rabu (6/7/2022).

Ketua Bawaslu Karimun, Nurhidayat mengatakan, apel ini merupakan bentuk kesiapan Bawaslu dalam mengawal jalannya tahapan pemilu yang sudah dimulai pada 14 Juni 2022 lalu.

"Dalam rangka penguatan koordinasi dan konsolidasi, untuk sama-sama memastikan kesiapan kita agar Pemilu dapat berjalan dengan aman," ujarnya.

Diketahui, tahun 2024 mendatang terdapat lima jenis pemilihan yang berlangsung, yakni empat Pemilihan Legislatif, dan Pemilihan Presiden (Pilpres).

Nurhidayat menambahkan, pemilu yang akan berlangsung 2024 mendatang yakni di tahun yang sama, namun di bulan yang berbeda.

Baca juga: JELANG Pemilu 2024, KPU Kepri Ungkap Tahapan dan Aturan Terbaru

Dengan begitu, pengawasan terhadap potensi yang ada akan terfokus pada tahapan pendaftaran dan verifikasi calon peserta Pemilu dan daftar pemilih.

"Potensi yang konkret bisa saja terjadi terkait dengan peserta pemilu, kaitan dengan lolos atau tidak lolos," ujarnya.

Ia berharap dengan kerjasama dua lembaga penyelenggara pemilu ini semakin solid. Karena Bawaslu dan KPU merupakan satu kesatuan penyelenggara pemilu.

"Lahirkan dari undang-undang yang sama, tentu dengan tujuan untuk mewujudkan pemilu yang berintegritas dan demokratis, meskipun ada perbedaan tupoksi baik Bawaslu
dan KPU," ujarnya.

Sementara, masa bakti penyelenggara pemilu dari Bawaslu dan KPU Kabupaten Karimun akan berakhir tahun 2023 mendatang.

"Guna memastikan kinerja lembaga tetap berjalan dengan baik dan optimal, serta tidak terganggu oleh pergantian anggota, kami memastikan bahwa kami dapat menyampaikan hal-hal yang teknis secara komprehensif kepada peserta pemilu," ujarnya. (TRIBUNBATAM.id / Yeni Hartati)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved