Breaking News:

BINTAN TERKINI

Resahkan Warga, Petugas Damkar Tanjunguban Bintan Bakar Sarang Tawon Vespa

Tim UPT Damkar Tanjunguban Bintan mengevakuasi lalu membakar sarang tawon vespa yang sudah meresahkan karena menyengat warga yang melintas.

Penulis: Alfandi Simamora | Editor: Tri Indaryani
UPT Damkar Tanjunguban, Bintan
Petugas Damkar Tanjunguban mengevakuasi sarang tawon vespa di rumah warga yang berada di jalan Wonosari, Gang Sempit, Simpang Lagoi, Kelurahan Kota Baru, Kecamatan Teluk Sebong, Kabupaten Bintan. 

BINTAN, TRIBUNBINTAN.com - Tim UPT Damkar Tanjunguban evakuasi sarang  tawon vespa yang bersarang di rumah warga di Simpang Lagoi, Kelurahan Kota Baru, Kecamatan Teluk Sebong, Kabupaten Bintan, Sabtu (9/7/2022) kemarin malam.

Evakuasi itu dilakukan setelah beberapa warga yang berada dan melintas di dekat rumah menjadi korban sengatan gerombolan tawon vespa yang bersarang di sana.

Plt Kepala UPT Damkar Tanjunguban, Panyodi mengatakan, bahwa pihaknya mendapatkan informasi bahwa ada tawon vespa yang bersarang di salah satu rumah warga di Simpang Lagoi.

Saat itu warga yang menyewa rumah diinformasikan sudah tersengat tawon vespa yang bersarang di rumah tersebut.

"Jadi mereka sebenarnya sudah mengusir tawon vespa dengan melakukan pengasapan, namun tidak berhasil dan tawon kembali lagi," terangnya, Minggu (10/7/2022).

Lanjutnya, mereka pun kawatir tersengat lagi, dan melaporkan ke UPT Damkar Tanjunguban untuk meminta pertolongan.

Baca juga: KECELAKAAN LAUT DI KARIMUN, Kapal Penampung Ikan Tabrak Pompong Nelayan

Setelah mendapatkan laporan itu tim langsung menuju lokasi dan melakukan evakuasi.

Saat tiba di lokasi, ternyata sarang tawon vespa cukup besar dan berada di atap rumah.

Mereka pun mengalami kendala untuk menjangkau sarang, karena ruang gerak di atap sempit. 

"Setelah segala upaya kita lakukan dan berhasil menjangkau sarang, pihaknya langsung menyemprotkan pertalite untuk mengusir tawon. Setelah berselang setengah jam, akhirnya sarang bisa kita evakuasi," jelasnya.

Panyodi juga menambahkan, setelah sarang tawon dievakuasi, pihaknya membawa sarang ke kantor damkar untuk dibakar.

Panyodi  mengimbau kepada masyarakat yang ingin membutuhkan pertolongan terkait adanya hewan berbisa dan tawon atau lebah bisa segera hubungi di nomor 07714651295.

"Kita dari damkar siap membantu, karena kita tidak hanya sebatas menangani kebakaran, melainkan bisa membantu untuk menangani hewan berbisa. Seperti ular, tawon serta lainya," katanya. (TRIBUNBATAM.id/Alfandi Simamora)

 

 

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved