Breaking News:

NATUNA TERKINI

Kafilah Natuna MTQ Kepri Takjub Lihat Canggihnya Kapal TNI AL KRI Bontang

Kafilah Natuna berangkat mengikuti MTQ IX Kepri 2022 di Anambas menggunakan kapal perang TNI AL, KRI Bontang-907 sejak Selasa (12/7/2022).

TribunBatam.id/Dokumentasi KRI Bontang-907
Kafilah Kabupaten Natuna yang diantar KRI Bontang-907 untuk mengikuti MTQ IX Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) di Anambas, Rabu (13/7/2022). Mereka berkesempatan melihat langsung teknologi canggih kapal perang TNI AL itu. 

NATUNA, TRIBUNBATAM.id - Rombongan kafilah Natuna untuk mengikuti Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) IX tingkat Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) di Anambas telah sampai di Tarempa, Rabu (13/7/2022) pagi.

Rombongan kafilah MTQ Kepri 2022 di Anambas asal Natuna ini menggunakan KRI Bontang-907 yang berlayar sejak Selasa (12/7).

Selain cuaca yang ekstrem, keberangkatan 154 kafilah Natuna untuk mengikuti MTQ I tingkat Provinsi Kepri di Anambas itu juga selaras dengan perintah harian Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL), Laksamana TNI Yudo Margono dalam kutipan-kutipannya, (Jaga kepercayaan negara dan rakyat kepada TNI Angkatan Laut melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi, masyarakat, bangsa dan negara).

Selama perjalanan, rombongan kafilan Natuna juga berkesempatan melihat teknologi dan fasilitas yang dimiliki KRI Bontang-907 serta menjelaskan fungsi dari setiap fasilitas yang ada.

Baca juga: INI Alasan Kafilah Natuna Naik Kapal Perang ke Anambas Untuk Ikuti MTQ IX Kepri

Kafilah Natuna ikut MTQ Kepri pakai kapal perang TNI AL
Kafilah Natuna disambut warga Anambas saat tiba di Pelabuhan Sri Siantan, Kelurahan Tarempa, Kecamatan Siantan, Rabu (13/7/2022). Rombongan Natuna berangkat menggunakan kapal perang TNI AL, KRI Bontang-907 sejak Selasa (12/7).

Tour wisata di atas KRI Bontang-907 tersebut dibuka oleh Komandan Gugus Tempur Laut (Guspurla) Koarmada I, Laksamana Pertama TNI H. Krisno Utomo melalui Komandan KRI Bontang Letkol Laut (P) Benedictus Hery Murwanto.

Komandan KRI Bontang mengatakan, tujuan dibukanya wisata itu untuk memberikan edukasi kepada para Kafilah Natuna terkait tugas dan fungsi keangkatan laut serta untuk menarik minat para peserta MTQ yang notabene masih remaja untuk bergabung menjadi personel TNI.

Terkait penggunaan KRI untuk kepentingan umum lanjut Hery merupakan salah satu tugas TNI yang tertuang dalam Undang-Undang (UU) Nomor 34 tahun 2004 tentang tugas pokok TNI untuk melaksanakan Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

Ia menjelaskan, satu di antara tugas TNI dalam pelaksanaan OMSP adalah untuk membantu Pemerintah Daerah setempat di segala bidang, guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

"Jadi kami membantu pemerintah mengingat cuaca saat ini ekstrem," kata Komandan KRI Bontang-907.

Setelah berkeliling melihat fasilitas kapal pendukungan logistik kapal perang TNI itu, para Kafilah Natuna tampak gembira.

Halaman
123
Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved